oleh

Wabup Sinjai Harap Inovasi Kades Sukamaju Dapat Jadi Contoh Desa Lain

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Wakil Bupati (Wabup) Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong meresmikan kandang ayam broiler di Desa Sukamaju Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai, Sabtu (10/7/2021).

Kandang ayam Broiler yang dibangun Pemerintah Desa Sukamaju ini berkapasitas 5.000 ekor ayam yang pengelolaannya nanti akan diserahkan kepada Bumdes Beringin Jaya, Desa Sukamaju.

Dalam sambutannya, Andi Kartini menyebut, inovasi yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Sukamaju bersama jajarannya adalah sebuah inovasi yang luar biasa dampaknya.

“Dengan membangun kandang ayam broiler berkapasitas 5.000 ekor ayam dengan panjang sekira 54 meter itu, diharapkan mampu membangkitkan ekonomi di desa Sukamaju,”Tuturnya.

Dikatakannya, inovasi Kepala Desa dalam memacu pendapatan desa sangat besar manfaatnya. Bumdes tentu akan menggeliat dengan usaha usaha seperti ini. Olehnya itu, dia berharap para pengelola Bumdes agar memiliki SDM yang memadai, jujur dan berintegritas.

“Untuk menghasilkan bumdes yang produktif dan terkelola dengan baik, dibutuhkan manajemen yang bagus,”katanya.

Menurutnya, Kepala Desa yang inovatif akan memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat.

Mantan Wakil Ketua DPRD dua periode ini mengungkapkan, beberapa inovasi yang dilakukan Kepala Desa Sukamaju, Kamaruddin sudah terbukti memperkuat perekononian keluarga di desa.

Sebagai pelopor penanaman buah naga, Kamaruddin juga berhasil mengangkat perekonomian masyarakat di Desa Sukamaju dengan penghasilan Rp 15 juta hingga Rp 20 juta setiap kali panen.Sebuah pencapaian yang luar biasa.
Wabup berharap inovasi yang dilakukan Kepala Desa Sukamaju dapat dijadikan contoh oleh Kepala Desa Lainnya di Kabupaten Sinjai. “Dengan demikian akan tercipta kebangkitan ekonomi dari desa,”katanya.

Bahkan menjadi desa yang pertama kali sebagai penghasil buah naga di Kabupaten Sinjai.

Berkat kegigihan Kamaruddin bersama aparat desa lainnya dan masyarakat desa, kini Desa Sukamaju menjadi desa Mandiri.

Sebuah pencapaian yang luar biasa.
Wabup berharap inovasi yang dilakukan Kepala Desa Sukamaju dapat dijadikan contoh oleh Kepala Desa Lainnya di Kabupaten Sinjai. “Dengan demikian akan tercipta kebangkitan ekonomi dari desa,”katanya.

Selain meresmikan Kandang Ayam Broiler, Wabup juga menyerahkan alat pertanian dan bibit avocad serta bibit sayuran dari pemerintah desa kepada kelompok tani di Sukamaju.

(Elang)

Facebook Comments