oleh

Usaha Sapi IB di Sinjai Menggiurkan, Begini Penjelasan Kadis DPKH

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Peluang berusaha di bidang peternakan sapi di Kabupaten Sinjai cukup menggiurkan. Betapa tidak, harga penjualan sapi dari hasil Inseminasi Buatan (IB) yang kini menjadi andalan sejumlah masyarakat di Bumi Panrita Kitta, bikin geleng kepala.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, H. Burhanuddin mengakui hal itu. Pasalnya kata dia, perbedaan nilai jual sapi dari hasil IB dibanding dengan sapi biasa itu sangat siginifikan.

Dia mencontohkan, harga sapi Limousin, Simental, dan Angus misalnya, diumur 6 sampai 8 bulan itu dibanderol dengan harga Rp12 hingga 13 juta.

Berbeda dengan hasil perkawinan alam diumur yang sama kata dia, paling dihargai Rp1,5 juta saja.

“Jadi sangat signifikan dari nilai jualnya sehingga degan IB ini sangat bermanfaat besae pada peningkatan pendapatan masyarakat,” ungkap Burhanuddin saat ditemui, Kamis (22/7/2021).

Bahkan, keutungan penjualan sapi IB tersebut bisa sampai tiga kali lipat dari penjualan sapi biasa.

“Bisa tiga kali lipat yang mereka dapatkan (peternak), bahkan harga jual tertinggi yang pernah kita dapatkan hasil penjualan IB ada Rp50 juta 1 ekor umur 4 tahun, sememtara kalau sapi biasa paling jatuh diharga Rp20 juta,” jelasnya.

(Opi)

Facebook Comments