oleh

Tim Verifikasi KKS Tingkat Nasional Berkunjung ke Sinjai, Wabup Sampaikan Begini

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Tim verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional tiba di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah Kabupaten Sinjai, Kamis siang (7/10/2021).

Rombongan berjumlah 3 orang terdiri dari Nevy Rinda Nugraini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sukarni serta Luki Ari Suryono dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Mereka diterima Wakil Bupati (Wabup) Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong bersama kepala OPD serta pengurus Forum Kabupaten Sehat (FKS) Sinjai di Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Jalan Persatuan Raya Sinjai.

Dalam sambutannya, Wabup Sinjai, menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Sinjai serta membeberkan tatanan atau lokus yang akan di verifikasi oleh tim verifikasi nasional.

Wabup menyebut terdapat 6 tatanan yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah bersama FKS Sinjai mulai dari tatanan pemukiman, sarana dan prasarana sehat, kawasan tertib lalu lintas, pariwisata sehat, pangan dan gizi sehat, sosial, serta tatanan masyarakat sehat dan mandiri.

“Jadi tahun ini ada 6 tananan yang telah kami siapkan dan tersebar di 3 kecamatan yakni Sinjai Utara, Sinjai Timur dan Bulupoddo,” katanya.

Wabup berharap agar apa yang menjadi kekurangan dalam verifikasi lapangan kabupaten sehat ini mendapat masukan, sehingga penghargaan sebagai kabupaten sehat dengan status Wistara di tahun 2019 dapat dipertahankan.

“Mohon petunjuk dan arahan apabila dalam verifikasi lapangan ini masih terdapat kekurangan dapat menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk perbaikan dalam pelaksanaan program Kabupaten sehat di masa yang akan datang,” harapnya dihadapan tim verifikasi KKS nasional.

Sementara Ketua tim verifikasi KKS Nasional, Nevy Rinda Nugraini, menuturkan verifikasi lapangan akan dilaksanakan hingga Jumat besok, 8 Oktober 2021.Tim ini akan melakukan pemeriksaan dokumen dan peninjauan langsung ke lapangan atau lokus penilaian.

Dikatakan Kabupaten Sinjai adalah 1 dari 36 daerah di Indonesia yang ikut dalam verifikasi lapangan KKS tersebut.

“Di Sulsel hanya 8 daerah dan Sinjai salah satunya. Sebenarnya banyak tapi yang lolos hingga verifikasi lapangan hanya segitu, termasuk Kabupaten Sinjai,” ungkapnya.

Kabupaten/kota sehat sendiri kata Nevy bertujuan untuk mewujudkan kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat yang dilakukan melalui berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota secara berkesinambungan.

Usai diterima, tim verifikasi KKS tingkat nasional kemudian mengunjungi Sekretariat FKS Sinjai di Jalan Persatuan Raya Sinjai, selanjutnya mengunjungi tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat di Desa Biroro dan tatanan pariwisata sehat di Desa Panaikang serta tatanan pangan dan gizi di Kebun T’Sang di Kecamatan Sinjai Utara.

Adapun lokus yang telah dipersiapkan oleh tim untuk diverifikasi, diantaranya :

Tatanan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Sehat : Program Kampung Iklim di Desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur
Tatanan Kawasan Tertib Lalulintas : Terminal Induk Tellulimpoe, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara
Tatatan Pariwisata Sehat : Pantai Mallenreng, Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur
Tatanan Pangan dan Gizi :
Kampung Sehati (Kampung Sapi Sehat Hasil Inseminasi Buatan) di Desa Bulutellue, Kecamatan Bulupoddo
Kebun T’Sang di Kelurahan. Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara
Tatanan Sosial : LKS Al-hidayah di Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara
Tatanan Masyarakat Sehat dan Mandiri : Desa ODF dan Lokus Stunting serta Pokja Desa Sehat di Desa Lappacinrana, Kecamatan Bulupoddo
Sekretariat Forum Kabupaten Sinjai Sehat dan Tim Pembina KKS di Jln. P. Raya (Kantor Ex. Samsat)
Sekretariat Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Kantor Camat Sinjai Utara. (Arfandi)

Facebook Comments