oleh

Tim PKM Unhas Gelar Pelatihan Mengolah Air Kelapa Menjadi Kecap Di Desa Sanjai.

-Daerah, News-1.191 views

SINJAI, paparazziindo.com. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Departemen Kimia Unhas melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Air Kelapa Menjadi Kecap dengan Pengawet Kitosan di Aula Kantor Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai, rabu (29/8/18).

Ketua Tim PKM, Dr. Hasnah Natsir, M.Si mengatakan bahwa Sinjai sebagai salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki potensi kelapa cukup besar terutama di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, namun potensi kelapa yang dimiliki belum maksimal dikembangkan terutama pemanfaatan air kelapa yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat dan ketika berlebih kadang dibuang percuma.

“Dengan melihat potensi ini, diharap tumbuhnya home industri kecap di Desa Sanjai. Mudah-mudahan dengan pelatihan ini pula dapat menjadi stimulus bagi masyarakat, “ungkapnya.

Sementara, Sekertaris Desa Sanjai, Andi Sudarman sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena membuka wawasan serta menambah pengetahuan warga terhadap pengembangan potensi lokal desa melalui pendekatan teknologi, sehingga dapat menjadi peluang wirausaha bagi warga desa.

“Mudah-mudahan kegiatan semacam bisa berkelanjutan di Desa Sanjai dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebab secara prinsip kegiatan seperti ini dapat menjadi salah satu solusi yang sangat baik dalam menyelesaikan problem terutama yang terkait dengan pengembangan potensi SDA dan SDM di desa-desa.

Pada kegiatan dihadiri Kelompok Tani Mattoanging, ibu-ibu PKK Desa Sanjai, Karang Taruna serta warga Desa Sanjai. (*Anto)

Editor/Ashari

Facebook Comments