oleh

“Tak Tepat Sasaran” A. Pipit Asapa Kembalikan KIS Miliknya, Dinsos Sinjai Bilang Begini

-News, Pemerintahan-1.765 views

SINJAI, paparazziindo.com. Caleg DPRD Sinjai, Andi Pipit Sukmawaty Asapa mengembalikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan meminta penghapusan dirinya sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI), senin (8/10/18).

“Awalnya saya kaget mendapat info dari seorang Jurnalis bahwa memiliki KIS, padahal saya merasa tidak pernah didata dan juga tidak pernah mengajukan diri untuk mendapatkan BPJS Gratis (KIS) dari Pemerintah. Saya heran kenapa saya bisa diberikan,” ungkap Pipit sapaannya.

Kepada media ini, Pipit lanjut menuturkan, telah mendatangi Kantor Dinas Sosial Sinjai guna mengklarifikasi hal tersebut.

“Alhamdulillah akhirnya saya merasa lega. Semenjak melihat kartu itu, saya merasa terbebani karena masih banyak masyarakat Sinjai yang seharusnya dicover Pemerintah. Harapan saya dengan lepasnya 4 kartu ini, ada kesempatan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan,” pintanya.

Sementara Kabid Pemberdayaan, Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sinjai, Drs. Ilham mengatakan, jika pihaknya hanya menerima data dari tingkat Desa lalu memberikan ke pihak BPJS.

“Kami tidak mengetahui mengenai proses pendataan kepesertaan BPJS Gratis Bu, pihak kami hanya menerima data lalu menyampaikannya ke BPJS dan mengeluarkan kartu, jika Ibu menolak kartu ini maka kami mengeluarkan surat keterangan pengunduran diri dari program Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk selanjutkan pihak BPJS melakukan penghapusan data Ibu,” terang Ilham.

“Kami mengapresiasi langkah yang ditempuh Pipit Asapa yang menolak menerima program PBI ini dan berharap langkah ini diikuti oleh masyarakat luas,” tutupnya.

Sedang pihak BPJS, Nurliana menjelaskan bahwa pada proses pendataan telah melibatkan pihak Dinas Sosial dan Catatan Sipil dengan melakukan screening NIK yang belum terdaftar sebagai peserta JKN dan muncullah salah daftar nama yang dimasukkan ke dalam penerima PBI.

(*Ash)

Facebook Comments