oleh

Soal Bangunan Sarang Walet Di Sinjai, Arifuddin : “Tanpa SPPL, Itu Pelanggaran Berat”

-Daerah, News-2.190 views

SINJAI, paparazziindo.com. Menyoal pemberitaan yang dilansir media ini sebelumnya akan maraknya bangunan sarang walet di Kabupaten Sinjai tanpa IMB, membuat Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Sinjai, Arifuddin angkat bicara.

“Bangunan sarang walet yang tidak dilengkapi dokumen Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL), itu merupakan pelanggaran berat dan bisa dikenakan pidana dengan ancaman hukum maksimal 3 tahun penjara serta denda 3 Milyar sesuai UU no. 32 tahun 2009,” jelas Arifuddin saat ditemui usai rapat paripurna di DPRD Sinjai, selasa (2/10/18).

Mantan Kadis ESDM Sinjai ini menuturkan, jika persyaratan mengurus kelengkapan dokumen SPPL harus ada persetujuan dan pernyataan dari tetangga sekitar. Apakah tidak ada keberatan kalau mendirikan sarang walet disebelah rumahnya dan juga harus ada surat keterangan dari RT/RW, Kelurahan serta Kecamatan. Setelahnya, izin dikeluarkan.

“Pengurusan dokumen ini sama sekali tidak dipungut biaya, namun terkadang masyarakat yang malas datang mengurus, padahal pengurusannya juga tidak sampai sehari,” ucap Arifuddin

“Untuk itu, kami imbau masyarakat agar sebelum mendirikan bangunan dan mengurus IMB, hendaknya melengkapi dokumen SPPL-nya,” tutupnya. (Elang Suganda)

Editor/Ashari

Facebook Comments