oleh

Selain Ambil Sampel Susu, Ini Pesan Tim BPOM Sulsel Di Gudang Indomaret Sinjai

-Daerah, News-2.481 views

SINJAI, paparazziindo.com. Tim Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Provinsi Sulawesi Selatan datang ke Kabupaten Sinjai untuk mengecek sekaligus mengambil sampel susu UHT Full Cream Ultra Milk 250 ml yang dianggap positif mengandung bakteri berbahaya sesuai surat hasil uji Laboratorium Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai.

Sampel susu yang diambil BPOM Sulsel di Indomaret Sinjai. (foto : Ashari)

Tiba sekira pukul 15.20 wita di Indomaret Sinjai jalan Jenderal Sudirman, minggu (26/8/18), Tim BPOM langsung menemui Suvervisor Indomaret dan mengecek barang tersebut di gudang penyimpanan.

Saat pengecekan, Hamka Hasan selaku Kepala Bidang Pengujian Pangan BPOM Sulsel berpesan agar di dalam gudang disiapkan pallet atau pengalas barang yang banyak digunakan di Indomaret Makassar

“Jadi tidak ada pallet ya?, suruh siapkan pallet ya kepimpinan, cukup banyak pallet Indomaret di Makassar,” tutur Hamka sambil menunjuk tempat peletakan barang.

Lanjut ia mengatakan bahwa BPOM mempunyai otoritas untuk melakukan penarikan terkait barang yang tidak mempunyai standarisasi.

“Pangan olahan mempunyai otoritas di BPOM, boleh beredar atau tidak. Jadi BPOM yang mengeluarkan, untuk saat ini kami akan melakukan pengkajian berupa uji dan tindakan,” ungkapnya.

“Ini kita akan uji dalam waktu 1 minggu, termasuk uji mikrobiologi. Saya sampaikan pula bahwa kami tidak mengoreksi hasil uji dari instansi lain karena mereka punya cara dalam hasil uji sendiri,” tambahnya.

Sementara Supervisor Indomaret Area Sinjai, Irwanto dihadapan awak media mengungkapkan sebelum menjual barang, Indomaret telah melaporkan ke Departemen sesuai standar yang berlaku, diluar standar BPOM, barang tidak untuk dijual.

“Hari ini, stok kami cuma 2 peacs karena sampel yang lainnya sudah dikirim ke perusahaan. Sebenarnya sore ini saya akan ke pihak UHT untuk memberikan sampel barang yang dianggap berbakteri,” kuncinya. (Ash/Anto)

Editor/Ashari

Facebook Comments