oleh

Sekda Sinjai, Tekankan Peningkatan SDM Pada Kegiatan Sosialisasi Tata Kelola Program di Dinkes, dr. Farina Bilang Begini

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Makassar melaksanakan sosialiasi pendampingan tata kelola program kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai.

Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Akbar, di Ruang Pertemuan Dinkes Sinjai, Rabu (31/3/2021).

Ketua Tim Pendamping FKM Unhas, Wahiduddin Menuturkan, kegiatan ini diinisiasi oleh Kemenkes bekerjasama FKM Unhas untuk melakukan pendampingan pada dinas kesehatan Sinjai dalam tata kelola program kesehatan. Tujuannya, untuk mendampingi tim perencana Dinkes dalam menyurun Rencana Kerja (Renja ) Tahun 2022.

“Kegiatan ini nantinya akan dilakukan hingga Oktober mendatang, kita juga akan melakukan transfer knowledge kepada tim perencana,” ungkapnya.

Dia menyebut, beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, sosilisasi, FGD tim perencana, penyampaian review terhadap renja tahun sebelumnya yang sudah dilakukan oleh Dinkes Sinjai.

Bahkan untuk menunjang dan meningkatkan kapasitas dan tim perencana, pihaknya juga akan melakukan beberapa workshop.

“Jadi pendampingan ini untuk membantu menyusun renja secara baik, supaya nantinya apa yang menjadi persoalan sesuai dengan masalah-masalah program-program yang kita buat dapat berjalan dengan baik,”Ujar Wahiduddin.

Sementara itu, Sekda Sinjai Akbar Mukmin saat membuka kegiatan, menekankan, tentang pengelolaan perencanaan yang sedini mungkin harus dipersipkan secara matang, sebab peningkatan kapasitas bagi aparatur telah menjadi komitmen pemerintah daerah.

“Perencanaan itu harus dikelola dengan baik, sehingga semua tepat saran. Tetapi pada intinya bagaimana kita meningkatkan kapasitas SDM kita,” tandasnya.

(Plt. Kadis Kesehatan, dr. Farina Irfani. Foto : Pz)

Plt. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai, dr. Farina Irfani, secara terpisah saat ditemui Paparazziiindo.com di ruang kerjanya usai Kegiatan, menyambut baik kegiatan Sosialisasi pendampingan tata kelola program kesehatan.

“Tentu kami menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Sebab hal ini salah satu rangkaian Kegiatan dari Kementrian Kesehatan, dimana Dinas Kesehatan memperoleh pendampingan oleh FKM Unhas dalam tata kelola dan perencanaan program kesehatan,”Bebernya.

Harapan kami dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, pertama yakni, Peningkatan kapasitas perencana Dinas Kesehatan dapat menyusun dokumen perencanaan yg berkualitas .

Kedua pendampingan dan sharing knowledge dari akademisi dalam proses perencanaan Dinas Kesehatan dapat memberi solusi-solusi atas permasalahan dalam pencapaian indikator bidang kesehatan sehingga Dinas Kesehatan dapat membuat program dan kegiatan yg strategis, inovatif dalam upaya pencapaian tujuan bidang kesehatan di Kabupaten Sinjai,”Ungkap dr. Arin sapaan akrab Plt Dinkes ini.

(Elang)

 

Facebook Comments