oleh

Realisasi PAD Dari Retribusi IMB di Sinjai Minim

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Target penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sinjai yang bersumber dari retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) masih minim dari target Rp 370.000.000, pada tahun 2021 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bapenda Sinjai, Asdar Darmawan SH, MH saat ditemui Paparazziindo.com, di Kantor Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA), Jum’at, (30/7/2021) kemarin.

“Untuk realisasi penerimaan retribusi daerah yang bersumber dari IMB, terhitung sejak Januari hingga pada bulan Juli 2021 saat ini, masih sangat minim, baru sekitar 20 persen dari target Rp 370 Juta,”Ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Sinjai, Muhammad Sabri yang ditemui terpisah di Kantor Dinas PUPR, menyampaikan, untuk retribusi IMB pada tahun ini kita usulkan pada perubahan agar diturunkan dari target Rp 370 juta, menjadi Rp 150 juta.

Mudah-mudahan diterima usulan kita, karena mengingat saat ini kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19, daya beli masyarakat sangat rendah,”jelasnya.

Kalau pada tahun lalu, lanjut Sabri target IMB kita capai target Rp 140 juta lebih setelah dirasionalkan dengan kondisi.

Ya kita berharap tahun ini bisa kembali dirasionalkan, mengingat saat ini kita masih dalam pendemi Covid-19.

Sebab menurut Sabri,” Dengan kondisi sekarang ini, masyarakat yang membangun hunian rumah pribadi juga sangat kurang, karena faktor ekonomi ditengah Pandemi saat ini, sehingga hal inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab pencapaian target IMB kita masih minim,”Akunya.

Namun meski begitu, kami tetap optimis bisa capai target.

“Untuk itu Kita berharap kepada masyarakat, kesadarannya untuk mengurus IMB sebelum mendirikan atau membangun rumah tinggal baru sesuai aturan yang ada.

Karena IMB itu juga akan sangat membantu bagi masyarakat itu sendiri dibelakang hari, jika akan melakukan pengurusan surat-surat,”Tutup Sabri.

(Elang)

Facebook Comments