oleh

Plt Kadis DLHK Sinjai: Peserta Duta Lingkungan Hidup Harus Memiliki Wawasan 3R

-Daerah-64 Dilihat

PAPARAZZIINDO.COM – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai kembali mengadakan pemilihan Duta Lingkungan Hidup. Kegiatan ini dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai.

Pelaksana Tugas Kepala DLHK Sinjai Ir. H. Muh. Ramlan Hamid saat ditemui Pewarta di Sinjai, Kamis (3/11/2022) mengatakan bahwa tujuan dilakukan pemilihan Duta Lingkungan ini adalah untuk menumbuh kembangkan jiwa kepedulian generasi muda terhadap lingkungan.

“Kita lakukan kegiatan ini untuk menanamkan rasa cinta para pelajar terhadap lingkungan sekaligus bentuk dukungan terhadap pemerintah daerah dalam mengatasi masalah lingkungan yang ada di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Dikatakan, Duta Lingkungan Hidup ini nantinya bertugas dalam mengkampanyekan dan menjadi motivator serta penggerak dalam pelestarian lingkungan.

Beberapa penilaian yang diterapkan pada Pemilihan Duta Lingkungan di antaranya adalah peserta memiliki wawasan terhadap 3R (reduce, reuse, recycle), perubahan iklim dan dampaknya, pemahaman tentang limbah dan bahan berbahaya beracun, serta pemahaman tentang lulingkungan secara umum.

Dalam pemilihan duta lingkungan terbagi atas dua kategori yakni pelajar tingkat SD/sederajat dan tingkat SMP/sederajat.

Adapun jumlah peserta yang ikut dalam pemilihan duta lingkungan hidup tahun ini sebanyak 56 orang yang terdiri dari 40 pelajar SMP dan 16 pelajar SD.

Saat ini para peserta mendapatkan pembekalan materi dari berbagai narasumber yang dilakukan secara virtual. Setelah itu dilanjutkan kampanye ke sekolah-sekolah dan tahapan babak grand final.

Kegiatan pemilihan Duta Lingkungan Hidup ini sebelumnya dibuka secara resmi oleh Pelaksana Harian Sekda Sinjai A. Jefrianto Asapa pada Selasa (1/11/2022). (**)

Facebook Comments