oleh

PERUBAHAN TEKNOLOGI KEPOLISIAN MODERN DI ERA POLICE 4.0”

Adventorial.

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI -Perkembangan teknologi baru secara global merujuk pada revolusi industry 4.0 berupa peningkatan teknologi digitalisasi, robotisasi dan kecerdasan otomatisasi. Kemampuan kreativitas dan daya inovasi Polres Sinjai dibutuhkan untuk menghasilkan output yang komprehensif di era revolusi 4.0.

Inovasi pelayanan publik berbasis digital diinisiasi oleh Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan, S.Ik, M.Si, yang kemudian menunjuk Kaur Bin Opsnal Sat Intelkam Ipda Alfian sebagai Tim IT dalam mewujudkan program tersebut.

Ada 3 program prioritas pada innovasi Polres Sinjai diantaranya :

1. Inovasi peningkatan pelayanan dan pengawasan berbasis online (Polres Sinjai sangat concern dan fokus pada pelayanan publik sehingga menjalin kerjasama dengan Aplikasi OKjek sebagai wadah untuk melakukan pengawasan dan monitoring guna meningkatkan pelayanan publik).

2. Membangun kepercayaan pelayanan kepada masyarakat (Sebagai lembaga yang berfungsi memberikan dan mengawasi kualitas pelayanan publik, Polres Sinjai juga berperan untuk menjamin kepercayaan masyarakat dengan menanggapi dan merespon kepentingan masyarakat secara partisipatoris, inklusif, dan dapat diandalkan).

3. Meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan masyarakat (Hasil yang diharapkan dari program ini yaitu pemberian pelayanan publik yang memuaskan dan pengakomodasian partisipasi masyarakat).

Kapolres Sinjai mengatakan, bahwa semoga dengan adanya innovasi pelayanan publik Polres Sinjai yang berbasis digital bekerjasama dengan OKjek dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memproleh pelayanan di Polres Sinjai terutama pelayanan SIM, SKCK, SPKT dan Reskrim serta Narkoba.

inovasi ini sudah mendapatkan pengakuan Nasional dengan diterimanya 2 penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak dan Pencatat Prestasi Polis Selebrity yang telah diterima oleh Kapolres Sinjai yang diserahkan langsung oleh Bapak Kapolda Sulsel pada hari Senin tanggal 15 Maret 2021 diruang kerja Kapolda Sulsel.

Lebih lanjut Kapolres Sinjai menambahkan,”Hal ini dapat terwujud berkat kerjasama personel Polres Sinjai dan diharapkan dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan di Polres Sinjai,”Tutupnya saat bincang-bincang dengan Pimpinan Umum Media Online Paparazziindo.com, di ruang kerjanya, Jum’at (19/3/2021).

(Elang)

Facebook Comments