oleh

Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Berawal di Desa Puncak, Begini Penjelasan Plt PMD Sinjai

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI, – Evaluasi dan penilaian perkembangan desa atau yang dikenal dengan lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai berawal di Desa Puncak, Kecamatan Sinjai Selatan, Senin (15/3/2021)

Rombongan tim penilai diketahui dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, didampingi Kepala Bidang Pemerintaan Desa Dinas PMD Sinjai Drs. Abd. Halik.

(Tim Penilai Kabupaten Lomba Desa saat berkunjung ke Desa Puncak Sinjai Selatan. Foto:Ist)

Menurut Plt Kepala PMD Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, meski terbilang berbeda karena masih dalam suasana pandemi Karena menghilangkan kegiatan seremonial, namun itu tidak mengurangi nilai hakiki pelaksanaan lomba desa tersebut.

Di satu sisi, pelaksanaan dengan suasana berbeda menunjukkan rasa kepedulian kita dengan kondisi yang ada sehingga masyarakat juga secara tidak langsung melakukan edukasi kepada masyarakat, bagaimana membatasi diri membuat kerumunan-kerumunan di tengah aktivitasnya.

“Jadi kita menyesuaikan kondisi yang ada sehingga pelaksanaan lomba desa tidak melanggar protokol kesehatan sesuai dengan rekomendasi satgas Covid-19”, tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini bukan hal yang baru, sebab kata dia pelaksanaan lomba desa telah berjalan setiap tahunnya di Seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sinjai.

Tujuannya, lomba Desa ini untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa.

“Kita tetap mengacu pada Permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Jadi hanya acara seremonial yang dihilangkan karena pembatasan untuk menghindari kerumunan”, jelasnya.

Dalam penilaian lomba desa di Desa Puncak, turut hadir Camat Sinjai Selatan Agus Salam serta Ketua tim Penggerak (TP KPK) Kecamatan Sinjai Selatan serta Kepala Desa Puncak A. Muh Idris Nur.

Rencananya pelaksanaan lomba desa di delapan kecamatan, dengan indikator penilaian bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan partisipasi masyarakat serta inovasi Desa, akan digelar hingga 25 Maret 2021 mendatang. (Hms Kominfo – red)

Editor: Elang

Facebook Comments