oleh

Musrenbang Anak di Ruang Pola, Bupati Sinjai Tekankan Begini ke Perangkat Daerah

PAPARAZZIINDO.COM -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sinjai menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak, Rabu (16/3/2022) di Ruang Pola Kantor Bupati.

Musrenbang Tahun 2022 dalam rangka penyusunan RKPD 2023 dibuka secara resmi oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa, dihadiri oleh perwakilan anak dari 9 kecamatan se-Kabupaten Sinjai.

Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan musrenbang ini untuk mendorong partisipasi anak dalam pembangunan daerah.

Selain itu, sebagai wadah penyaluran aspirasi bagi anak, membahas dan menyepakati suara hati anak yang akan menjadi bahan dan masukan bagi Pemerintah Daerah dalam penyusunan RKPD tahun 2023.

“Musrenbang ini diikuti 100 orang peserta, terdiri dari forum anak Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan, forum anak non formal dan disabilitas,” ucap Irwan.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa mengatakan, musrenbang anak yang dilaksanakan merupakan bentuk pemenuhan hak dasar dalam konvensi hak-hak anak khususnya hak untuk berpartisipasi menyatakan pendapat dalam segala hal yang mempengaruhi anak dan juga menjadi kesempatan bagi anak untuk memberikan ide-ide yang bermanfaat dalam pembangunan.

Hal ini sejalan dengan Visi RPJMD Kabupaten Sinjai Tahun 2018-2023 yaitu, Terwujudnya Masyarakat Sinjai yang Mandiri, Berkeadilan dan Religius melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berdaya Saing.

“Betapa pentingnya musrenbang anak ini untuk dilaksanakan, tentu kami berharap dengan adanya musrenbang anak ini suara hati anak Kabupaten Sinjai bisa disampaikan, tentu bukan penyampaiannya saja yang terpenting adalah bagaimana bisa terlaksana dengan baik,”ujarnya.

Karena itu, Bupati meminta kepada seluruh perangkat daerah yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk segera memikirkan kegiatan atau hal-hal yang bisa dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan anak berdasarkan permintaan musrenbang.

“Mudah-mudahan bisa menyatukan visi misinya, menyatukan pemikirannya mulai dari Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan sehingga mudah-mudahan kita bisa memenuhi seluruh kebutuhan anak-anak kita,”ujarnya.

Kepada seluruh anak-anak, Bupati ASA berharap dapat menunjukkan eksistensinya dalam mewujudkan Kabupaten Sinjai menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA).

Musrenbang forum anak ini, turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, Sekda Sinjai Akbar, dan Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3A PPKB) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Fitriana.

Dalam musrenbang ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama, antara Lembaga Masyarakat, Perbankan, Dunia Usaha dan Media dengan Perangkat Daerah dan Forum Anak. (**)

Facebook Comments