oleh

Menyoal Aksi Demo Di SMAN 5 Sinjai Pekan Lalu, Kasek Akui Kesalahannya

-News, Pendidikan-1.614 views

SINJAI, paparazziindo.com. Aliyuddin, Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 5 Sinjai yang didemo Siswa-Siswinya untuk mundur dari jabatannya karena dinilai tidak transparan dalam penggunaan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) beberapa hari lalu, diakui murni kesalahannya.

Aliyuddin mengakui kesalahannya tersebut lantaran tidak mensosialisasikan petunjuk pembayaran Ekstrakurikuler Sekolah (Ekskul) dalam penggunaan dana BOS.

“Aksi demo siswa kami yang terjadi beberapa hari lalu di halaman sekolah, itu karena kesalahpahaman saja pak. Mis komunikasi antara saya dengan Ketua Kelompok Ekskul dalam hal petunjuk teknis pembayaran,” kata Aliyuddin kepada media ini saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/10/18).

Lanjut ia katakan, jika proses pembayaran Ekskul untuk kegiatan siswa, baru bisa dibayarkan oleh bendahara dana BOS apabila kegiatannya sudah dilaksanakan dan harus disertai LPJ kegiatan.

“LPJ kegiatannya bukan kami buat. Saya hanya menandatangani setuju dibayarkan kalau LPJ sudah lengkap, selaku pengguna anggaran. Inilah yang belum dipahami sehingga terjadi demo dan menganggap saya tidak mau bayarkan. Tetapi ini juga kesalahan kami pak, karena tidak menjabarkan secara rinci petunjuk ini,” terang mantan Guru SMAN Borong ini.

“Jadi bukan kami tidak mau bayarkan pak. Dananya juga bukan saya yang pegang, itu masuk ke rekening sekolah, begitu pak,” ungkap Aliyuddin memperjelas keterangannya.

Ia menguraikan bahwa masalah pembayaran gaji tenaga honorernya telah sesuai juknis dana BOS Permendikbud nomor 1 tahun 2018, gaji tenaga honorer yang bisa dibayarkan, yakni yang telah memiliki SK Gubernur atau SK Bupati.

Kalau di SMAN 5 Sinjai ini, ada 15 tenaga honorer. Untuk tenaga honorer guru yang miliki SK Gubernur ada 4 orang dan 2 orang guru honorer yang kita bayarkan melalui dana BOS.

“Adapun dana BOS yang kami terima pada triwulan pertama di bulan 4 sebesar 190 jutaan lebih dan pada triwulan kedua 360 jutaan, sedangkan di triwulan ketiga diterima 180 juta lebih. Sementara untuk triwulan keempat, kami juga belum tahu berapa nanti yang kami terima. Jadi anggarannya tidak satu kali kami terima, tetapi bertahap. Total dana BOS yang kami terima secara keseluruhan untuk tahun ini sekitar 730 jutaan lebih pak,” tutupnya.

(Elang Suganda)

Facebook Comments