oleh

Kemenag Sinjai Selenggarakan Bimbingan Perkawinan, Ini Tujuannya

-News, Pemerintahan-1.424 views

Press Release Inmas Kemenag Sinjai

SINJAI, paparazziindo.com. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sinjai  menyelenggarakan bimbingan perkawinan untuk calon pengantin angkatan ke I selama dua hari dari tanggal 6-7 September 2018 di Aula Kantor Kemenag Sinjai, kamis (6/9/18)

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sinjai, H. Abd. Hafid M Talla  mengatakan, pelaksanaan bimbingan perkawinan untuk calon pengantin ini berdasarkan Keputusan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 373 tahun 2017 tentang petunjuk pelaksanaan bimbingan perkawinan Pranikah bagi calon pengantin.

“Surat edaran ini berlaku diseluruh Indonesia. Jadi bagi mereka para calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan atau akad nikah, itu sudah harus mengikuti kursus maupun bimbingan perkawinan terlebih dulu dari Kemenag setempat,” kata Hafid.

Lanjut ia katakan bahwa tujuan utama dari bimbingan perkawinan ini karena melihat fenomena perkawinan yang ada di Indonesia dewasa ini, justru angka perceraian semakin meningkat. Hal ini ternyata disebabkan karena calon-calon pengantin, baik itu dari calon pengantin pria maupun wanita setelah melaksanakan pernikahan itu mereka masih kekurangan bekal yang harus dimiliki, terutama bagaimana mengelola rumah tangga yang baik.

“Dengan ini, kami dari Kemenag berusaha bagaimana caranya agar pernikahan ini bisa berjalan dengan mulus sesuai dengan disunahkan oleh Rasulullah SAW melalui bimbingan perkawinan bagi mereka yang sudah mendaftarkan diri ke Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap Kecamatan,” terangnya.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Sinjai mulai hari ini, dilaksanakan angkatan I khusus Kabupaten Sinjai. Berharap lewat pelaksanaan bimbingan perkawinan ini, para peserta mendapat bekal setelah berumah tangga nanti,” tambahnya.

Pada bimbingan perkawinan angkatan ke I ini diikuti 29 pasang calon pengantin yang berasal dari  KUA Sinjai Timur, KUA Tellulimpoe, KUA Sinjai Selatan, KUA Sinjai Utara, KUA Pulau Sembilan dan KUA Sinjai Barat. Sementara pemateri dan fasilitator, diantaranya Kepala Kemenag Sinjai,Kepala Seksi Bimas Islam, Penyuluh Agama Islam dan Dinas Kesehatan. (*Arf)

Editor/Ashari

Facebook Comments