oleh

Kapolsek Pulau 9 Hadiri Sosialisasi Bidang Hukum Pernikahan Dini yang Diadakan PA

-Daerah-48 Dilihat

PAPARAZZIINDO.COM – Untuk memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat khususnya di Pulau 9 (Sembilan) terkait UU perkawinan nomor 16 tahun 2019 yang merupakan perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 1974, tentang perkawinan. Pengadilan Agama Kabupaten Sinjai mengadakan sosialisasi Bidang Hukum Tentang Pernikahan Dini di Aula Kantor Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan. Kamis (17/11/2022).

Pada giat tersebut, Hakim Pengadilan Agama Sinjai, Kaharuddin. SH, Menyampaikan akan pentingnya merencanakan pernikahan sedini mungkin, untuk menghindari pernikahan dini atau pernikahan anak yang belum cukup usia,”ujarnya.

Adapun batas minimal usia untuk melakukan perkawinan sesuai dengan ketentuan UU nomor 16 tahun 2019 tentang perkawinan, yang sebelumnya usia menikah pada perempuan minimal 16 tahun dan laki-laki 19 tahun. Kini dalam undang-undang baru mengharuskan 19 tahun baik perempuan maupun laki-laki,”ucapnya.

Sementara itu Kapolsek Pulau 9, Ipda Sahabuddin, pada kesempatan tersebut menyampikan, bahwa dalam hal pencegahan pernikahan dini, peran orang tua sangat besar dalam mendidik dan memberikan pemahaman putra putrinya, serta menjaga dan mengontrol anaknya dengan baik agar terhindar dari hal-hal negatif,”ucapnya.

Selain itupula Kapolsek Pulau 9, menekankan juga pentingnya perniikahan dalam usia yang cukup sesuai ketentuan undang-undang perkawinan yang berlaku secara umum bagi seluruh masyarakat. Sehingga mau tidak mau kita harus patuhi. Karena tujuan dari perubahan undang-undang perkawinan untuk kemaslahatan kita semua,”ujarnya.

Ipda Sahabuddin pada giat tersebut memgingatkan juga kepada masyarakat Desa pulau harapan agar sadar hukum. Serta mengimbau agar melakukan kegiatan yang positif, hindari kegiatan yang tidak bermanfaat,” pesannya.

Turut hadir pada giat tetsebut, Kepada Desa Pulau Harapan, Mukrimin, Staf Pengadilan Agama Kab Sinjai, Muhammad Bakir Amri, SH, Ketua BPD Mujakkir, Pendamping Desa Muh.Yakub, Para Kadus/RT, Para Tokoh masyarakat dan Para peserta sosialisasi. (Pz).

Facebook Comments