oleh

Kadis Perindag Sinjai, Laporkan ke Kami Jika Ada Ritel yang Jual Migor diatas Rp 14.000

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menegaskan, Pemerintah terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau.

Terkait tingginya harga Minyak goreng (Migor), Pemerintah telah menetapkan kebijakan satu harga Migor dengan harga setara Rp 14.000/liter untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta usah mikro dan kecil, demikian disampaikan Menteri Perdagangan dalam siaran Persnya di Jakarta, (18/01/2022), melalui Kepala Biro Humas Kemendag.

“Dengan kebijakan ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau dan disisi lain produsen tidak dirugikan, karena selisih harga akan diganti oleh Pemerintah,”ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Menindaklanjuti lanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai, Muhammad Saleh turun langsung kelapangan guna mengecek langsung harga Migor yang dijual di Ritel dan untuk mengetahui stok Migor untuk kebutuhan pangan masyarakat, Kamis (20/01/2022).

Dalam sidaknya dibeberapa Ritel di Kabupaten Sinjai, Saleh menyampaikan, harga minyak goreng di Ritel Rp 14.000, dan untuk stok minyak goreng masih cukup sampai enam bulan kedepan, kami pun tidak menemukan adanya Ritel yang menimbun Migor di gudangnya,”ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya usai melakukan sidak dibeberapa Ritel yang beroperasi di Sinjai.

Lanjutnya,”Kami meminta kepada kepada masyarakat, agar segera melaporkan ke kami jika ada Ritel yang menjual Minyak goreng (Migor) diatas dari hari harga Rp. 14.000/liter.

“Jadi kalau Untuk stok minyak goreng khususnya di Kabupaten Sinjai, enam bulan kedepan masih cukup dan masih jauh jika disebut langka, karena setelah tadi siang kami turun di beberapa Ritel, faktanya dilapangan Migor masih cukup dan tidak ada masalah,”jelasnya.

“Saya sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, meminta kepada masyarakat, jika mengetahui ada ritel atau pedagang yang menjual minyak goreng dalam brand atau kemasan merek apapun juga, diatas dari harga Rp, 14 ribu per liternya, agar segera melaporkan ke kami.

Sebab jika ada Ritel yang berani menjual diatas harga yang telah ditetapkan dan disetarakan oleh pemerintah, pasti akan ditindaki dan diberikan sangsi, hal ini sesuai dengan keputusan menteri perdagangan untuk penyetaraan harga yang berlaku secara Nasional,”tegasnya.

Namun untuk pedagang minyak di Pasar rakyat, Pemerintah masih memberikan kesempatan selama sepekan untuk menyesuaikan harga minyak yang dijualnya, namun tetap pada bandrol harga per liternya Rp 14.000, tidak bisa melebihi dari harga tersebut yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,”tutupnya. (Pz)

Facebook Comments