oleh

Kadinkes Sinjai Optimis Stunting Tereliminasi di Bumi Panrita Kitta Dengan ‘Aksi Tali Sepatu’

PAPARAZZIINDO.COM. MAKASSAR — Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali menunjukkan keseriusan dalam penanganan dan mengeliminasi stunting dari Bumi Panrita Kitta (Kabupaten Sinjai).

Hal ini ditunjukkan melalui Pameran Kinerja Penurunan Stunting yang diikuti Kabupaten Sinjai bersama 11 Kabupaten / Kota di Sulawesi selatan (Sulsel), Rabu (14/7/2021) hingga hari ini Kamis, di Phinisi Ballroom Hotel Claro Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sinjai, dr Emmy Kartahara Malik, yang ditemui disela-sela kegiatan di Hotel Claro, mengungkapkan, selain melalui kerja keras, Pemerintah Kabupaten Sinjai mengakselerasi penanganan stunting melalui inovasi ‘Aksi Tali Sepatu’.

Inovasi ini, lanjutnya merupakan Aksi Konvergensi kegiatan Lintas Sektor dalam penanganan stunting atau gizi buruk.
Selain itu kita berkolaborasi dengan perangkat daerah lainnya dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bersama-sama mengatasi persoalan stunting,”Ucapnya.

Seperti Dinas Bappeda Sinjai, Dinas PMD, Dinas P3AP2KB, Kominfo dan Persandian, serta Dinas terkait lainnya.

Lebih lanjut dr. Emmy mengungkapkan, pameran ini merupakan salah satu penilaian yang dinilai mulai hari Rabu kemarin (13/7/2021), dan penutupannya besok hari Kamis dan penentuan penilaian,”Sambungnya.

Penilaian ini meliputi hasil kerja aksi 1-8 dalam penanganan stunting dimana, aksi 1-4 sudah dinilai pada tahun 2020 lalu dan aksi 5-8 dinilai pada tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun ini Kabupaten Sinjai bisa mendapat Juara terbaik dari 11 Kabupaten/Kota di Sulsel yang ikut,”ungkap Emmy.

Penilaian ini dilakukan oleh beberapa panelis dari Kementerian dan Lembaga terkait, selain itu, aksi-aksi ini diharapkan dapat bermuara pada tingkat penurunan kasus stunting di Kabupaten Sinjai.

“Apalagi penanganan kasus stunting di Sinjai menjadi perhatian khusus Bapak Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa,”Jelasnya.

Melalui Inovasi ini, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, berharap angka kasus stunting di Kabupaten Sinjai dapat ditekan bahkan di eleminasi dari Bumi Panrita Kitta.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan mengatakan,”Insya Allah Kabupaten Sinjai masuk 3 besar dalam penilaian kegiatan Konvergensi stunting ini, yang diikuti oleh 11 Kabupaten/Kota di Sulsel,”Tuturnya.

(Elang)

Facebook Comments