oleh

INSPIRATIF – Dandim 1424/Sinjai Manfaatkan Selokan Depan Rumdisnya Pelihara 2.300 Ikan Lele-Nila

SINJAI, Paparazziindo.com — Memelihara ikan sudah lazim dilakukan pada kolam dan empang, namun memanfaatkan selokan yang identik kotor dan berbau sebagai media, tentu masih sangat asing dilakukan.

Seperti yang dilakukan Komandan Kodim (Dandim) 1424 Sinjai, Letkol Inf. Ely Asyer Sitompul. Dengan memperhatikan faktor kebersihan lingkungan dan kondisi selokan yang memadai, ia menyulap selokan menjadi kolam ikan air tawar.

Selokan yang dimanfaatkan sebagai kolam ikan tersebut tepat berada di depan Rumah Dinas dan Makodim 1424 Sinjai. Memiliki panjang sekitar 40 Meter dan lebar 1 Meter yang telah diisi ribuan ikan lele dan nila.

“Ide pemanfaatan selokan ini muncul sejak ditugaskan disini (Sinjai-red) beberapa bulan lalu. Selain menjaga agar selokan tetap bersih, kenapa tidak digunakan saja untuk pelihara ikan,” kata Ely, saat menerima kunjungan silaturahim Ketua Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Sinjai Elang Suganda beserta pengurusnya di Saung Sinergi Rumdis Dandim, Kamis (5/11/2020).

Sejak saat itu, kata Ely, selokan sepanjang depan Rumdis dan Makodim dibersihkan, termasuk mengangkat lumpur yang mengendap dan memasangkan daring pembatas.

“Setelah itu semua dilakukan, bibit ikan lele dan nila kita tabur. Jumlahnya 2.300 Ekor. Pemberian pakannya cukup sederhana, yakni di pagi dan sore hari. Cukup mudah kan?,” bebernya.

“Pastinya, jika warga juga melakukan ini, tentu memperoleh income dan disatu sisi turut menjaga kebersihan lingkungan. Harapannya seperti itu, mengedukasi masyarakat,” tambahnya. (Ash)

Facebook Comments