oleh

Hari Pers Nasional di Tengah Covid 19, Kapolres Sinjai : Peran Pers Sangat Besar

SINJAI, PAPARAZZIINDO.COM – Momentum Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari, oleh seluruh insan Pers menjadi tonggak sejarah bagi Pers Nasional bangsa Indonesia.

Peringatan HPN yang diperingati setiap tahunnya mengusung tema yang berbeda.

Tahun ini di masa Covid – 19, jatuh pada hari Selasa (9/2/2021), dengan mengusung tema, yakni, “Bangkit dari Pandemi, Pers sebagai Akselerator Perubahan Dalam Pemulihan Ekonomi.

Peran serta Pers dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia ini dari masa penjajah Belanda, adalah bukti sejarah, Pers menjadi pilar ke empat dalam merebut Kemerdekaan bangsa Republik Indonesia.

Di masa pergerakan wartawan bahkan menyandang dua peran sekaligus, sebagai aktivis Pers yang melaksanakan tugas – tugas pemberitaan dan penerangan.

Pers melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan membangun perlawanan rakyat terhadap penjajah bangsa Indonesia.

Dalam sejarahnya, pada tanggal 9 Februari 1946, perjuangan Wartawan dan Pers Indonesia, memperoleh wadah dan wahana yang berlingkup nasional dengan terbentuknya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Kelahiran PWI di tengah kancah perjuangan mempertahankan Republik Indonesia dari ancaman kembalinya penjajahan, melambangkan kebersamaan dan kesatuan wartawan Indonesia dalam tekad dan semangat patriotiknya untuk membela kedaulatan, kehormatan serta integritas bangsa dan negara.

Setelah melalui proses panjang, mengingat sejarah Pers Nasional sebagai Pers perjuangan dan Pers Pembangunan, tanggal 23 Januari 1985, Presiden Soeharto melalui Surat Keputusan Nomor 5 Tahun 1985 menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Sekaitan dengan diperingatinya HPN oleh seluruh insan Pers Nasional, Kapolres Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Iwan Irmawan. S.ik. M.Si, menyampaikan, “Bahwa PERS sangat berperan aktif di dalam turut serta mengedukasi masyarakat untuk tetap terapkan 5 M.

Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Membatasi mobilitas, di tengah Pandemi Covid – 19, yang masih melanda Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, pada khususnya,”Tuturnya kepada Paparazziindo.com, saat di hubungi Via pesan Whatsapp, Selasa, (9/2/2021).

Selain itu, orang nomor satu di Jajaran Polres Sinjai, Polda Sulawesi Selatan, Iwan Irmawan, menambahkan,”Agar Pers senantiasa bersikap independen, Profesional dan menjunjung tinggi Kode Etik Pers, seperti yang tertuang dalam UU  Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, sehingga insan Pers (Wartawan) semakin dicintai oleh seluruh masyarakat Indonesia,”Pintanya.

“Saya Kapolres SInjai bersama seluruh Jajaran Polres. Mengucapkan, Selamat Hari Pers Nasional dan Ulang Tahun PWI ke – 75,”Tutupnya.
(Elang)

Facebook Comments