oleh

Harga Telur Ayam Ras di Sinjai Capai Rp56.000 Satu Rak, Begini Penjelasan Kadis Perindag

-Daerah-195 Dilihat

PAPARAZZIINDO.COM – Harga telur ayam ras yang merangkak naik di sejumlah daerah Kabupaten/Kota telah menjadi isu Nasional, dimana di seluruh wilayah harga telur mengalami kenaikan dengan harga yang bervariasi, hal ini menjadi keresahan  sebagian warga yang tingkat ekonominya pas-pasan.

Harga telur di Sinjai, Rp 56.000 satu rak. (Foto: Ifman)

 

Diketahui sebelumnya harga telur ayam ras di pasaran semula berkisar Rp 40.000 hingga Rp 45.000 per raknya, kini merangkak naik menjadi Rp 55.000 dan Rp 56.000.

Seperti halnya pantauan di pasar Sinjai, harga telur ayam ras satu raknya sekarang ini mencapai Rp 55.000 hingga Rp 56.000.

Salah seorang pedagang telur yang ditemui di Pasar atas Sinjai, mengatakan,”harga telur ayam ras satu rak Rp 56.000 kita jual,”ucapnya.

Hal sama disampaikan juga oleh salah seorang warga,”kemarin saya beli telur ayam ras di Toko Ternate di Jalan Persatuan Raya Sinjai, Rp, 56.000, jadi kita jual perbijinya Rp. 2.500. Sebelumnya harga per raknya biasa saya beli hanya Rp 45.000 per satu raknya,”ucap Hakim yang jualan barang campuran di rumahnya dengan modal usaha kecil-kecilan di Kota Sinjai.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sinjai, Muhammad Saleh yang ditemui terpisah di Kantor Dinas Perindag, menyampaikan,”kenaikan harga telur ayam ras ini me-nasional di sejumlah daerah. Khusus di Sinjai harga telur ayam ras di Sinjai berkisar Rp 55.000 atau 56 ribu rupiah per satu raknya, jadi kalau per kilonya kita kalkulasikan senilai Rp28.000,” ucapnya. Rabu (31/8/2022).

“Kenaikan harga ini bukan hanya dipicu mahalnya harga pakan tapi juga disebabkan  produksi telur ayam ras di Sinjai tidak mampu melayani pangsa pasar, selain itu pasokan telur dari Kabupaten Sidrap juga terbatas,”ujarnya.

Ditambah lagi jarak tempuh dari Sidrap ke Sinjai cukup jauh, tentu biaya transportasi naik, hal ini juga yang membuat harga telur di pedagang pasar Sinjai naik,”jelasnya.

“Kenaikan harga telur ayam ras ini bukan saja di Sinjai, tetapi di daerah lain juga begitu,”tutupnya. (Pz)

Facebook Comments