oleh

DPRD Sinjai Resmi Umumkan Penetapan A. Seto-A. Kartini Sebagai Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih

-News, Pemerintahan-1.789 views

SINJAI, paparazziindo.com. Rapat
Paripurna Istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Sinjai, Abd. Haris Umar dengan agenda pengumuman penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sinjai terpilih periode 2018-2023 serta pengumuman calon usulan pengganti Wakil Ketua DPRD Sinjai kembali dilanjutkan, rabu malam (15/8/18) setelah sempat diskorsing pada sore harinya di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Sinjai.

Abd. Haris Umar mengatakan, paripurna ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 pasal 160 ayat (3) yang menegaskan bahwa pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampailan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur.

“Sebagai implikasi, DPRD Kabupaten/Kota mengumumkan dalam Rapat Paripurna Istimewa hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur,” kata Haris dalam pidato pengantarnya.

Sementara terkait usulan pengganti Wakil Ketua DPRD Sinjai, diatur dalam tata tertib DPRD Nomor 1 tahun 2017 pada pasal 48 ayat 1 yang menegaskan bahwa calon pengganti pimpinan DPRD yang berhenti yang diusulkan oleh pimpinan partai politik diumumkan dalam rapat paripurna DPRD.

“Setelah diumumkan dalam paripurna, selanjutnya pimpinan DPRD mengusulkan peresmian pengangkatan calon pengganti pimpinan DPRD kepada Gubernur melalui Bupati,” jelasnya.

Dalam rapat paripurna istimewa ini, Ketua DPRD Sinjai, Abd. Haris Umar juga membacakan Surat Keputusan KPU Sinjai tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, A. Seto Gadhista Asapa-A. Kartini Ottong (SEHATI) serta surat usulan pengganti Wakil Ketua DPRD sisa masa jabatan 2014-2019 dari Partai Golkar Sinjai.

Adapun nama anggota DPRD yang diusulkan Fraksi Partai Golkar dalam surat keputusan dari DPD Partai Golkar adalah Jamaluddin Asnawi.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai sekaligus Pelaksana Harian Bupati Sinjai, Drs. Akbar Mukmin, segenap anggota DPRD, serta pejabat daerah dan jajaran Pemkab Sinjai. (Anto)

Editor/Ashari

Facebook Comments