oleh

DPRD Sinjai Apresiasi Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 141

-News, Pemerintahan-1.689 views

SINJAI, paparazziindo.com. Wakil Ketua I dan II DPRD Sinjai, Jamaluddin dan Jamaluddin Asnawi menghadiri Apel Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 141/TP Kodam XIV/HSN 2018.

Apel yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Lama, Selasa (4/12/18), dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong.

Dalam amanatnya, Andi Kartini mengungkapkan bahwa latihan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan serta menguji kesiapsiagaan dalam upaya penanggulangan bencana alam di wilayah Korem 141/TP, khususnya di Kabupaten Sinjai agar penanganan, penyelamatan korban dan pengungsi berjalan sesuai dengan protap yang ada.

Lanjut dikatakan, dengan adanya simulasi ini, penting untuk meningkatkan kemampuan dalam hal prosedur hubungan serta koordinasi dengan berbagai pihak dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi setiap saat, sehingga diperoleh kemampuan yang bertindak secara cepat dan langkah-langkah yang tepat sebagai upaya terutama pada saat timbul bencana banjir dan tanah longsor secara tiba-tiba.

“Kepada penyelenggara agar melaksanakan simulasi ini dengan benar, perhatikan faktor keamanan personil maupun material selama pelaksanaan simulasi. Lakukan evaluasi secara menyeluruh agar segala kekurangan yang terjadi dapat segera dibenahi dan diarahkan sesuai ketentuan dan protap yang berlaku,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua I DPRD Sinjai, Jamaluddin mengatakan latihan penanggulangan bencana alam ini dalam rangka mengantisipasi adanya kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana di Kabupaten Sinjai. Maka dari itu, DPRD sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini karena sangat membantu masyarakat nantinya.

“Tentunya DPRD sangat mengapresiasi kepada pihak TNI dan semua komponen yang terlibat pada latihan ini karena kegiatan ini semata-mata bertujuan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan terjadinya bencana di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Pembukaan penanggulangan bencana ini ditandai dengan pemasangan pita kepada peserta yang turut dihadiri Forkopimda, para Asisten serta Kepala OPD. Simulasi akan berlangsung mulai 4 hingga 7 Desember 2018.

(*Ash)

Facebook Comments