oleh

Dispusip Sinjai Sosialisasikan Pentingnya Literasi di Desa Saohiring

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai melakukan sosialisasi dan pembinaan transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Desa Saohiring Kecamatan Sinjai Tengah. Senin, (30/08/2021)

Menurut Kepala Dispusip Sinjai, Mansyur, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud peningkatan peran perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Dimana sasaran akhirnya diharapkan agar literasi dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendorong peningkatan Indeks Desa Mandiri (IDM).

“Sosialisasi transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial ini merupakan sosialisasi untuk memberikan pemahaman bahwa perpustakaan itu merupakan pusat ilmu pengetahuan, pusat kegiatan masyarakat dan kebudayaan,” katanya.

Apalagi kata dia, Desa Saohiring merupakan salah satu desa penerima manfaat Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2021.

Olehnya itu, ia berharap agar perpustakaan bisa menjadi pusat semua kegiatan masyarakat mulai dari tempat diskusi hingga rekreasi.

“Perpustakaan harus didesain semenarik mungkin agar dapat minat masyarakat untuk membaca itu dapat meningkat. Kalau perlu, disarankan juga dilengkapi dengan taman baca disertai kantin atau cafe,” pintanya.

Dengan adanya perpustakaan desa ini, Mansyur mengharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat dan menambah literasi masyarakat. Serta memudahkan masyarakat menyelesaikan permasalahan hidupnya agar bisa lebih baik.

“Selain itu bisa menambah wawasan masyarakat. Namun yang tidak kalah pentingnya bisa memanfaatkan keberadaan perpustakaan desa untuk meningkatkan perekonomian di desanya melalui teknologi digital,” pungkasnya.

Sosialisasi transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial ini diikuti oleh beberapa perwakilan dari unsur BPD, LKD, guru/tenaga kependidikan, Tim Penggerak PKK dan Karang Taruna se-Desa Saohiring, Kecamatan Sinjai Tengah.

Selain kegiatan sosialisasi transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial, Kepala Dispusip Sinjai juga menghadiri Sosialisasi Desa Aman Covid-19 di tempat tersebut sekaligus berkunjung ke Perpustakaan Desa bersama Tim Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dispusip Sinjai untuk melakukan pembinaan. (Opi)

Facebook Comments