oleh

Disparbud Sinjai Akan Kembangkan Wisata Air Terjun Kembar, Tepat Buat Investor

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI -Kabupaten Sinjai adalah salah satu Daerah Tingkat II Provinsi Sulawesi Selatan, yang terletak di Balangnipa Kota Sinjai yang berjarak sekitar kurang lebih 220 km dari Kota Makassar.

Kabupaten Sinja tepatnya berbatasan dengan daerah Kabupaten Bulukumba, luas wilayah Kabupaten Sinjai 819,96 km dengan jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 236.497 jiwa.

Kabupaten Sinjai memiliki potensi kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa, selain diketahui memiliki struktur tanah yang subur dan luas, Sinjai juga memiliki beberapa obyek Destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan dikembangkan oleh Investor lokal maupun dari luar.

Dari informasi yang dihimpun untuk sektor Obyek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Sinjai, ada tiga yakni, Obyek Destinasi Hutan Mangrove (Tongke-tongke) yang terletak di Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai.

Taman Purbakala Batu Pake Gojeng, Kelurahan Biringere yang berada di Ibukota Kecamatan Sinjai Utara, Taman Hutan Rakyat (Tahura) yang terletak diatas ketinggian dan berada di Kecamatan Sinjai Borong berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa dan Pulau Larea-rea di Kecamatan Pulau 9.

Ketiga sektor Destinasi tersebut, diketahui merupakan andalan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Sinjai yang dikelola melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, dibawah kendali Kepala Dinas, Yuhadi Samad, yang baru saja kembali dilantik oleh Bupati Sinjai, Andi Seto bulan Februari 2021 lalu.

Sedangkan untuk target PAD Objek wisata Sinjai pada Tahun 2020 lalu sebesar Rp, 328.210.000.

Kadis Disparbud Sinjai, Yuhadi Samad

Hal tersebut dibenarkan oleh Kadis Disparbud Sinjai, Yuhadi Samad, saat dihubungi Paparazziindo.com, Via WhatsApp, Senin (8/3/2021).

“Khusus Destinasi Kabupaten Sinjai yang menjadi andalan PAD saat ini, ada tiga, yakni, Hutan Mangrove Tongke-tongke, di Kecamatan Sinjai Timur, Taman Purbakala Batu Pake Gojeng yang berada di Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara, Taman Hutan Rakyat (Tahura) Abd, Latief di Sinjai Borong berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng Kabupaten Gowa dan Pulau Larea-rea yang berada di Kecamatan Pulau 9,”Jawabnya.

“Untuk target PAD dari sektor obyek wisata pada Tahun 2020, sebesar Rp, 328.210.000, setelah perubahan karena adanya Pandemi Covid-19, tapi sempat terealisasi Rp, 476.026.000,”jelasnya.

Lanjut dikatakannya,”Untuk target PAD di Disparbud Tahun 2021 ini sebesar Rp, 520 juta, yang terdiri dari pemakaian gedung pertemuan Rp, 120 juta, realisasi saat ini sementara masih 0 rupiah karena Covid-19.

Sementara untuk obyek wisata target PAD tahun ini sebesar Rp, 400 juta, realisasi saat ini alhamdulillah sudah Rp, 92 juta,”Sambung mantan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sinjai ini.

Ketika ditanya soal pengembangan obyek wisata lainnya, adakah yang akan dikembangkan kedepannya di Sinjai, seperti obyek wisata Air terjun misalnya ?

“Iya, Insyaallah Disparbud Sinjai, akan mengembangkan dan mengelola wisata Air Terjun Kembar Batubarae di Sinjai Borong sehingga diharapkan nantinya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

Air terjun ini memiliki ketinggian 800 meter dari permukaan laut, dan kedua air terjun ini memiliki kemiringan sekitar 85 derajat. Karena lokasinya berada diketinggian dengan hawa sejuk bahkan cenderung dingin.

Sehingga pada pagi dan sore hari tempat Air terjun kembar Batubarae biasa tertutupi kabut tebal, sangat cocok juga dijadikan sebagai arena camping dan outbound.

Ditengah antara kedua air terjun itu terdapat tangga seribu menuju lokasi permandian.

Destinasi Air terjun kembar Batubarae ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat dan dua. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pusat kota Sinjai dengan membutuhkan jarak tempuh sekitar 1,5 jam.

Namun tentunya hal ini kita akan lakukan nanti berkolaborasi dengan pihak terkait dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang terkait,”Tutur Yuhadi, sembari menambahkan saya lagi di Makassar sekarang pak.

(Elang)

Facebook Comments