oleh

Dinsos dan BPBD Sinjai Koordinasi Penanganan Bencana Tanggap Darurat Hidrometereologi

-Daerah-57 Dilihat

PAPARAZZIINDO.COM – Dinas Sosial (Dinsos) bersama Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, melakukan koordinasi penanggulangan bencana tanggap darurat Hudrometereologi di Kabupaten Sinjai. Rabu (18/01/2023).

Kepala Dinsos Sinjai, Andi Idnan (Kiri) bersama Kaban BPBD Sinjai, Budiaman (kanan). (Foto: Pz)

Hal tersebut dilakukan oleh Kepala Dinsos Sinjai, Andi Idnan dan Kepala Badan BPBD Sinjai, guna mempererat sinergitas antar OPD serta untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat sasaran dalam penyaluran bantuan bencana.

Kepala BPBD Sinjai, Budiaman menyampaikan, terkait penanganan bencana di Sinjai, kita tetap siaga dalam menghadapi cuaca ekstrim, dgn mengintensifkan koordinasi dengan instansi terkait, sebagai bagian dari upaya untuk lebih meningkatkan penanganan dampak bencana yang terjadi,”ujarnya.

Staf BPBD Sinjai, Ambo Rappe siap menyalurkan bantuan logistic. (Foto: Pz)

Untuk itu pula kami tetap mengimbau kepada masyarakat, sesuai peringatan dini yang dikeluarkan BMKG tentang masih adanya ancaman bencana Hidrometeriologi akibat cuaca ekstrin di Sulawesi Selatan. Maka diimbau kepada masyarakat sinjai terap waspada dan siaga.

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistic, BPBD Sinjai, Ahmad Karim yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan,”bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat yang terkena musibah berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat, yang diberikan langsung oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Suryanto di Kantor Gubernur Sulsel, pada hari senin lalu dan diterima oleh Pemkab Sinjai, yang diwakili oleh Sekdakab, Andi Jefriyanto asapa.

“Bantuan logistic tersebut sebagian sudah diserahkan ke masyarakat yang tekena bencana, berupa selimut, terpal, matras, beras, minyak goreng, kecap, gula pasir, teh sariwangi dan ikan sardines, Mie Instant.

Adapun jumlah bantuan logistic yang telah kita serahkan ke warga yang terkena musibah, sudah ada 28 Kepala Keluarga yang tersebar di Sinjai,”ujar Achmad.

Bantuan yang telah disalurkan ini sesuai SK Darurat Nomor 833 Tahun 2022, dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, pertanggal 26 Desember hingga 14 Januari 2023, yang ditandatangani oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa.

Tentang penetapan status tanggap Darurat, cuaca Ekstrim, Banjir, tanah longsor, dan angin kencang dalam wilayah Kab Sinjai.

Lanjut disampaikan Achmad,”selanjutnya kita akan serahkan kembali kepada warga yang telah terkena bencana tersebut.

Dari 28 Kepala Keluarga (KK) yang telah kita serahkan masih ada 22 KK yang akan menyusul kita serahkan bantuan logistic, jadi total penerima bantuan logistic yang telah terkena bencana sebanyak 50 KK. Kita harapkan, kepada masyarakat yang telah menerima bantuan, semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat,”tandasnya.

Adapun bantuan yang kita terima dari BNPB sebesar Rp 250 juta khusus untuk operasional, termasuk Posko, operasional penyalurannya dan uang operasional untuk penanganan tanggap darurat Hidrometeriologi. (PZ)

Facebook Comments