oleh

Didemo Siswanya, Kasek SMAN 5 Sinjai Beberkan LPJ Gaji Guru Honorernya Dari BOS

-News, Pendidikan-4.284 views

SINJAI, paparazziindo.com. Ratusan siswa siswi SMAN 5 Sinjai terpaksa libur sendiri. Pasalnya, mereka melakukan aksi unjuk rasa menuntut Kepala Sekolah mundur dari jabatannya, Senin (22/10/18).

Siswa-Siswi SMAN 5 Sinjai usai berunjuk rasa didepan Sekolahnya. (foto : ashari/paparazzi)

“Selama ini, Kepala Sekolah tidak transparan dalam penggunaan anggaran untuk Ekstrakurikuler Sekolah (Ekskul), padahal ada dana yang seharusnya diberikan” beber orator aksi dari Ekskul OSIS.

Sementara Kepala SMAN 5 Sinjai, Aliyuddin yang dikonfirmasi media ini di ruang kerjanya mengatakan, dirinya siap mundur selama terbukti telah menyalahi aturan dan melakukan penyelewengan anggaran dana BOS.

“Jika terbukti, saya siap mundur dari jabatan, itupun jika ada keputusan pihak Kepala Cabang Bone. Terkait anggaran, selama ini kami menganggarkan kegiatan Ekskul, namun kami berhati-hati dalam mengalokasikan anggaran kegiatan diluar sekolah,” tutur Aliyuddin.

Ditanya besaran anggaran dana BOS untuk kegiatan Ekskul, Aliyuddin mantan Guru di SMAN 8 Sinjai Borong ini lantas mengatakan, jumlahnya sekitar 180 juta untuk tahap II yang kemarin dicairkan, sementara untuk tahap III ini belum cair.

“Tahap III ini belum cair, sementara program kegiatan Ekskul tidak dimasukkan sejak awal, nanti mau melaksanakan kegiatan baru menyodorkan permohonan dana. Dimana kami ambilkan uang?,” ungkap Aliyuddin menjelaskan salah satu kegiatan eskul Osis terkait LDK yang dilaksanakan 13 Oktober kemarin.

Informasi yang dihimpun media ini, Mantan Guru di SMAN 2 Bikeru Sinjai Selatan ini juga membeberkan bahwa dirinya terkadang kesulitan dalam hal pertanggungjawaban pengelolaan dana BOS, salah satunya menyangkut gaji Guru honorer yang memiliki SK Gubernur dan yang tidak di SMAN 5 Sinjai.

“Sesuai juknis dana BOS, hanya 4 orang yang punya SK Gubernur saja yang dibayarkan, sementara yang tidak punya SK kasihan kalau tidak diberi gaji. Jadi kami mengakalinya agar mereka juga mendapatkan. Disitulah letak kesulitan kami dalam LPJ-nya,” bebernya.

(Ash)

Facebook Comments