oleh

Camat Sinjai Utara Budayakan Hidup Bersih di Lingkungan Balangnipa, Ini Inovasinya

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Dalam rangka meningkatkan kebersihan dan hidup sehat di lingkungan Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara.

Camat Sinjai Utara mengadakan lomba kebersihan di lingkungan Balangnipa.

Salah satu tempat yang dkunjunginya untuk menilai lomba kebersihan lingkungan, yakni di Perumahan BTN Tangka Mas di Jalan Bululasia (Tangka dalam) Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (16/3/2021).

(Camat Sinjai Utara, Hariyani Rasyid didampingi Lurah Balangnipa, Kapolsek Sinjai Utara, Babinsa, Kepala Lingkungan Ulusalo 1, saat mengunjungi BTN Tangka Mas, di Jalan Bululasiai 1, Lingkungan Balangnipa, Selasa,(16/3/2021), Foto : Paparazziindo.com)

Dalam kunjungan tersebut, Camat Sinjai Utara, Hj. Andi Hariyani Rasyid didampingi Lurah Balangnipa, Kapolsek Sinjai Utara, AKP, F. E. Fredi Nalle, Babinsa, Kepala Lingkungan Ulusalo 1,  mengatakan,”Lomba kebersihan lingkungan ini adalah Inovasi Kelurahan, Kepala Lingkungan dan Kecamatan, hal tersebut dilakukan dalam rangka membudayakan dan memelihara kebersihan lingkungan di Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara.

Kita berharap agar Kelurahan lain bisa melakukan hal serupa di lingkungannya. Kegiatan ini pula bertujuan, pertama agar kebersihan lingkungan dapat berkesinambungan dan terbiasa untuk hidup sehat dan bersih,”Jawabnya kepada Paparazziindo.com, Selasa (16/3/2021).

Lanjutnya. “Adapun Inovasi penilaian lomba kebersihan lingkungan, antara lain mulai dari kebersihan got saluran air, kebersihan lingkungan, kerapihan lingkungan, partisipasi masyarakat, pemanfaatan lahan pekarangan dan tanaman toga serta penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, dengan menyediakan tempat cuci tangan dan memasang spanduk imbauan 5 M.

Kegiatan ini Juga termasuk bagian dari Visi-Misi Pemerintah Kabupaten Sinjai, dalam memelihara kebersihan lingkungan,”Bebernya.

Sementara itu, Lurah Balangnipa, Muh.Asharuddin, yang ditemui terpisah di ruang kerjanya, Selasa (16/3/2021), mengatakan,”Kegiatan lomba kebersihan ini adalah rangakaian hari jadi Kabupaten Sinjai yang ke 457 di Kelurahan Balangnipa antar lingkungan,”Ucapnya.

Di Kelurahan Balangnipa sendiri ada lima lingkungan, yakni, Lingkungan Tekolampe, Ulusalo 1, Ulasalo 2, Pasar dan Lingkungan Tokinjong.

“Hadiah yang disediakan ada lima hadiah, berupa piala dan piagam penghargaan dari Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara.

Selain itu tujuan lomba kebersihan ini kita adakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal kebersihan, apalagi di masa Pandemi Covid-19, serta menumbuhkan semangat gotong royong ditengah masyarakat,”Sebutnya.

Diketahui yang menjadi Tim penilai dalam lomba kebersihan tersebut, adalah unsur Tripika Kecamatan Sinjai Utara, seperti Camat, Kapolsek Sinjai Utara dan Danramil.

(Elang)

Facebook Comments