oleh

Camat Sinjai Timur Kecewa, Beberapa Kades Jarang Hadiri Rapat

-News, Pemerintahan-2.752 views

SINJAI, paparazziindo.com. Tamzil Binawan, Camat Sinjai Timur mengaku kecewa terhadap kinerja para Kepala Desa (Kades) yang ada di wilayah kerjanya. Pasalnya, para Kades jarang menghadiri rapat ketika diundang.

“Saya biasa heran, kenapa mereka malas mengikuti rapat. Padahal yang dilakukan ini hanya untuk mereka. Usul anggaran dia, yang gunakan dia dan ketika usulan pencairan dana desanya terlambat baru mengeluh kepada kami,” kata Tamzil kepada media ini saat ditemui di ruang pelayanan Kantor Kecamatan Sinjai Timur, Kamis (8/11/18).

Menurutnya, kemalasan para Kades mengikuti rapat-rapat ini sama sekali tidak beralasan dan dianggap seenaknya saja.

“Kemarin saya coba tanya 4 Kades terkait tidak mengikuti rapat, namun tidak bisa dijawabnya. Ini menandakan mereka dianggap lalai. Jangankan diundang rapat oleh kami, diundang Bupati saat rapat koordinasi kemarin mereka tidak datang bahkan hanya mengutus Sekdesnya saja. Bagaimana mau menciptakan Tata Kelola Pemerintahan Desa yang baik kalau begini. Apalagi ini menyangkut visi misi Bupati,” jelasnya.

Padahal, lanjut ia katakan, banyak hal yang harus disampaikan kepada para Kades terkait program dari Pemerintah Kabupaten.

“Dengan kondisi begini, akhirnya kami menerapkan SOP di Kecamatan Sinjai Timur. Termasuk SOP Verifikasi LPJ Kepala Desa. Ini telah kami terapkan. Kalau di Kecamatan lain belum tentu, apalagi yang kami dengar pihak Desa langsung saja ke Dinas PMD Sinjai. Jadinya kan bertumpuk di Kabupaten,” pungkasnya.

Hal yang sama dikatakan Kasi Pemerintahan Kecamatan Sinjai Timur, Rusdi.

“Sejak SOP ini kami terapkan, banyak Kades yang merasa keberatan bahkan kesulitan dan mengeluh. Kami juga tetap pada prosedur dan aturan, jika tidak melengkapi sesuai yang disyaratkan, yah kami juga tidak memberi semacam rekomendasi. Ini kami lakukan hanya untuk menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang benar sesuai UU,” tutupnya.

(Ash/Elang)

Facebook Comments