oleh

Bupati Sinjai-Sandiaga Jadi Pembicara Pada Webiner Nasional UMSi Soal Pelayanan Publik

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Web seminar (Webinar) Nasional Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) berlangsung sukses dan diikuti ratusan partisipan mulai dari kalangan mahasiswa, akademisi hingga pejabat pemerintah daerah Kabupaten/Kota se Indonesia, Rabu pagi (11/8/2021).

Yang menarik dari Webinar Nasional tentang inovasi pelayanan publik pemerintah daerah ini adalah hadirnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiga Salahuddin Uno serta Bupati Sinjai Andi Seto Asapa sebagai pembicara utamanya.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam kesempatan itu, menekankan lima poin penting dalam peningkatan pelayanan publik khususnya di lingkup Parekraf.

Yang pertama adalah peningkatan kapasitas SDM. Kedua, pendekatan terhadap desa wisata. Ketiga, infrastruktur. Keempat, peningkatan produk usaha, serta kelima peningkatan daya saing usaha.

“Ini yang sangat penting sehingga pelayanan publik betul-betul tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya langsung oleh yang masyarakat,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati yang mengikuti Webinar Nasional UMSi dari Rumah Jabatannya, memaparkan sejumlah inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai selama kepemimpinannya.

Di antara inovasi yang disebutkan Bupati, yakni di bidang pendidikan berupa pemberian bantuan seragam sekolah dimana dalam hal ini pemerintah daerah melibatkan pelaku UMKM sebagai penyedia bahan baku.

Selain itu, pemerintah juga telah mencanangkan beasiswa prestasi bagi mahasiswa Sinjai yang kuliah di dalam maupun luar daerah di tingkat strata satu (S1) hingga doktoral.

Kemudian di sektor pelayanan perizinan, pemerintah memberikan kemudahan kepada setiap pelaku usaha yang ingin melakukan pengurusan dokumen perizinan melalui gerai yang telah disiapkan oleh instansi terkait.

Termasuk di bidang kesehatan, mencetuskan program home care dan visit, Publik Safety Center (PSC)119, menyediakan rumah singgah pasien dan keluarga di Kota Makassar bagi warga yang ingin melakukan pengobatan atau melanjutkan rujukan ke rumah sakit di kota Makassar serta saat ini menyediakan fasilitas kesehatan berupa Rumah sakit tipe D atau Pratama di Kecamatan Sinjai Selatan dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan layanan kesehatan warga.

Dan yang terakhir Layanan Selular Peternakan Terintegrasi (La Sapi) adalah inovasi pelayanan informasi peternakan dan kesehatan hewan berbasis SMS Broadcast. Program ini memudahkan petenak dan pengusaha sapi untuk berbagai informasi terkait jual beli sapi hingga layanan kesehatan hewan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai.

“Berbagai inovasi yang telah kami lakukan ini merupakan wujud akselerasi dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berdaya saing,” jelasnya.

Terpisah, Rektor UMSi Umar Congge mengaku, bersyukur karena melalui forum virtual yang merupakan bagian dari program ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka’ yang dilaksanakan oleh program studi ilmu administrasi publik dihadiri Menparekraf RI bersama Bupati.

“Kehadiran beliau, pak Menteri dan pak Bupati menjadi spirit dan motivasi bagi kami untuk terus memacu semangat dalam menghadirkan program yang berkualitas ke depannya,” tandasnya.

(Opi)

Facebook Comments