oleh

Bupati Sinjai Resmikan 2 Sektor Pemadam Kebakaran

-News, Pemerintahan-1.961 views

SINJAI, paparazziindo.com. Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa meresmikan Pos Pemadam Kebakaran Sektor Manipi Kecamatan Sinjai Barat dan Sektor Bikeru Kecamatan Sinjai Selatan, Kamis (27/12/18).

Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Agung Budi Prayogo dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Bupati dan Wakil Bupati atas harapan masyarakat yang selama ini mengharapkan peningkatan pelayanan kebakaran di kecamatan,yakni di Sinjai Barat yang meliputi Sinjai Barat dan Sinjai Tengah dan di Kecamatan Sinjai Selatan yang meliputi Sinjai Selatan, Tellulimpoe dan Sinjai Borong. Setiap sektor sebanyak 15 orang Pemadam dan 9 orang Satpol PP yang dibagi dalam tiga shift.

“Pada tahun 2018 terdapat 44 kali kebakaran, yakni 39 kali dengan objek rumah tinggal, tempat usaha. 3 kebakaran lahan, 2 kali kebakaran kendaraan roda empat dengan 1 orang korban jiwa dan satu orang luka-luka,” terang Agung.

Sementara Bupati Sinjai dalam sambutannya menyampaikan, kebakaran adalah hal yang selalu harus kita antisipasi, tuntutan terhadap pelayanan di bidang kebakaran kedepannya akan semakin tinggi, seiring dengan meningkatnya pembangunan di Kabupaten Sinjai dan peningkatan kawasan permukiman masyarakat.

Lanjut dikatakan, akibat kebakaran selalu menyisakan duka bagi masyarakat yang mengalaminya karena dapat menghanguskan kebutuhan dasar masyarakat, baik itu sandang, pangan, dan papan. Bahkan selain itu, kerugian harta benda kadang menyebabkan nyawa melayang.

“Selama ini jika terjadi kebakaran di Sinjai Barat, Sinjai Selatan dan Borong, masyarakat cukup jauh meminta bantuan di Posko Sinjai Utara yang tentu aksesnya sangat jauh dan medan yang sulit. Jarak tempuh kurang sekitar 1 setengah jam, sehingga petugas pemadam kebakaran tidak mampu berbuat banyak dalam memaksimalkan penanggulangan kebakaran (habis dulu bari sampai di TKP). Dengan adanya pos pemadam kebakaran ini, wujud antisipasi positif Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam menyediakan pelayanan bagi warga,” jelas Bupati.

Dengan bertambahnya titik wilayah manajemen kebakaran (WKM) kata Bupati, diharapkan pelayanan dapat ditingkatkan, khususnya waktu tanggap (respon time) yang ditentukan selama 15 menit mulai dari masuknya info kebakaran pada pos pelayanan.

Usai memberikan sambutan, Bupati meresmikan Posko Pemadam Kebakaran dan memasangkan rompi bagi petugas secara simbolis. (*)

Editor/Ashari

Facebook Comments