oleh

Bupati Sinjai Lounching Musrembang Online, Ini Tujuannya

-News, Pemerintahan-1.849 views

SINJAI, paparazziindo.com. Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa membuka Musrenbang RPJMD Tahun 2018-2023 dan melakukan Launching Musrenbang Online di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis (27/12/18).

Ketua Panitia yang juga Kepala Bappeda Sinjai, Andi Ilham Abu Bakar dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang RPJMD merupakan forum perencanaan pembangunan untuk mengakomodir peran para pemangku kepentingan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Sinjai 2018-2023 yang bertujuan untuk penajaman penyelarasan sinergitas terhadap tujuan dan sasaran, strategi arah kebijakan dan program pembangunan daerah selama lima tahun ke depan.

“Untuk Musrenbang Online yang di launching hari ini dimaksudkan untuk memudahkan proses penyampaian usulan dari masyarakat desa dan kecamatan serta pokok pikiran dari DPRD dalam pelaksanaan penyusunan perencanaan tahunan daerah. Launching Musrembang Online ini juga adalah salah satu program 100 hari kerja Bupati Sinjai. Tutorial penggunaan aplikasi Musrenbang Online dapat diakses melalui youtube dengan kata kunci pencarian tutori Sippadai,” urainya.

Sementara Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang yang dilaksanakan sebagai rangkaian dari tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Sinjai Tahun 2018 – 2023, yang sebelumnya telah diwakili dengan beberapa tahapan, antara lain Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD, Penyusunan Rancangan RPJMD.

“Dokumen RPJMD merupakan dokumen yang sangat penting untuk setiap Kepala Daerah karena akan menjadi alat mewujudkan visi misi dan semua program yang telah dijanjikan saat kampanye Pilkada. Saya pribadi sangat mengharapkan setiap tahapan penyusunan RPJMD berjalan dengan seoptimal mungkin agar dapat menjadi pegangan bersama untuk pembangunan daerah lima tahun ke depan.

Sementara Musrenbang Online kata Bupati, akan menjadi salah satu menu dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sinjai (Sippadai) yang nantinya akan dimanfaatkan oleh seluruh desa, kecamatan dan anggota DPRD bahkan seluruh masyarakat Sinjai dimana pun berada untuk menyampaikan usulan Musrenbang maupun pokok-pokok pikiran DPRD secara lebih teratur dan terbuka.

“Dengan pemanfaatan sistem informasi seperti ini, seluruh proses perencanaan dan usulan-usulan yang diterima akan tetap terjaga konsistensinya, sehingga pencapaian target-target RPJMD di akhir periode nanti akan lebih optimal,” ungkap Andi Seto.

“Aplikasi Sippadai dan Musrenbang Online ini juga sekligus menjawab tuntutan KPK terhadap seluruh daerah untuk menerapkan proses perencanaan pembangunan daerah dalam bentuk sistem informasi agar lebih efektif dan efisien,” tambahnya. (*)

Editor/Ashari

Facebook Comments