oleh

Bupati Sinjai Harap Peternak Sapi Manfaatkan Program IB

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menargetkan produksi untuk populasi sapi bisa mencapai 121.000 ekor. Target tersebut di harapkan bisa tercapai pada akhir tahun 2021 ini.

Apalagi, Sinjai ikut menyumbang kebutuhan sapi untuk beberapa daerah. Bahkan segala upaya terus ditingkatkan agar populasi ternak di wilayah tersebut bisa meningkat dan mencapai target yang sudah di tetapkan.

Kadis Peternakan Kabupaten Sinjai, Burhanuddin. (Foto: Paparazzi)

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, H. Burhanuddin mengungkapkan, pada tahun 2020 lalu target populasi berada pada angka 114.000 ekor.

“Nah kita targetkan ada pertumbuhan diakhir tahun 2021 menjadi 121.000 ekor atau ada peningkatan populasi sekitar 7 ribu ekor,” ungkapnya saat ditemui Pewarta diruang kerjanya, Jumat (3/9/2021).

Dia menyebut, peningkatan populasi itu didapatkan dari jumlah yang lahir kemudian dikurangi dari jumlah yang keluar serta jumlah yang dipotong dalam daerah.

“Pertumbuhan populasi 7 ribu ekor bukan berarti bahwa yang lahir cuman 7 ribu. Jadi yang kita targetkan lahir, itu kurang lebih 17 ribu-18 ribu, yang diharapkan dari kawin alam 11 ribu sampai 12 ribu ekor, kemudian dari kelahiran IB 6000 ekor. Itulah yang kita harapkan,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa mendorong masyarakat atau peternak untuk menangkap peluang melalui program yang dicanangkan pemerintah saat ini, demi mendongrak populasi sapi di Bumi Panrita Kitta.

Salah satunya, kata dengan memanfaatkan program Inseminasi Buatan (IB) yang saat ini terus digalakkan pemerintah. Apalagi dengan program IB tersebut sangat membantu peternak mendapatkan sapi-sapi yang kualitasnya lebih bagus.

“Harapanya, semoga kedepan populasi sapi di Kabupaten Sinjai semakin meningkat,”tuturnya. (Opi)

Facebook Comments