oleh

Bupati Sinjai Akan Ganti Pipa Distribusi Air PDAM Dalam Kota

-News, Pemerintahan-1.772 views

SINJAI, paparazziindo.com. Guna memenuhi penyediaan air bersih yang dikelola PDAM, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa meninjau langsung Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) PDAM yang berada di Sungai Tangka, Lamatti Rilau Sinjai Utara, IKK Tellulimpoe dan IKK Sinjai Selatan, Rabu (24/10/18).

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa bersama Dirut PDAM Sinjai, Suratman saat kunjungan di SPAM PDAM Tellulimpoe. (foto : Elang/paparazzi)

Dalam kunjungannya, Andi Seto yang didampingi Dirut PDAM Sinjai mengatakan, kondisi PDAM saat ini diakuinya masih perlu pembenahan.

“Setelah melihat kondisi ini secara langsung, pengolahan dan penjernihan airnya masih perlu pembenahan. Insya Allah kedepan kami akan mengganti seluruh pipa distribusi air minum PDAM di dalam kota. Usia pipa yang sudah puluhan tahun lebih, itu akan kami upayakan diganti tahun depan melalui dana APBN, sisa kita usulkan,” ungkap Seto.

Bupati yang dikenal energik dan tak menginginkan rakyatnya berkeluh kesah karena pasokan distribusi air PDAM yang belum merata ini lantas menyampaikan, akan terus berupaya agar solusi kebutuhan air masyarakat dapat terpenuhi.

“Apa yang kita lakukan sekarang, semata-mata untuk kepentingan masyarakat Sinjai. Tentu kita harapkan tahun depan, pengoperasian sumber air Balangtieng sudah bisa dioperasikan. Jika ini sudah berjalan, mudah-mudahan tidak ada lagi masyarakat Sinjai yang tidak dialiri air PDAM,” harapnya.

Sementara Dirut PDAM Sinjai, Suratman dihadapan Bupati Sinjai menyatakan bahwa jumlah pelanggannya di Kota Sinjai sebanyak 11.760. Setelah pengoperasian Balangtieng, pasokan dan pemenuhan air bersih diyakini akan memenuhi kebutuhan air.

“Memang saat ini kami masih kewalahan untuk memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada masyarakat Sinjai. Apalagi penduduk yang tinggal di wilayah ketinggian, sangat sulit untuk teraliri karena debit air yang dikeluarkan tidak mampu naik keatas. Tetapi kalau sumber air Balangtieng ini sudah berfungsi, Insya Allah tidak lagi, karena sementara ini, sumber dari Sungai Tangka di Lamatti, mengaliri 9000 pelanggan dalam kota,” jelasnya.

Kunjungan Bupati Sinjai ini turut dihadiri Kepala Dinas PUPR Sinjai Ir. Ishak, Sekertaris Dinas Kesehatan Sinjai Irwan Suaib, Kepala Bidang ESDM Sinjai A. Idham, Kabag Humas Sabir Syur.

(Elang Suganda).

Facebook Comments