oleh

Begini Jumlah Tenaga pendamping KPM di Dinsos Sinjai

PAPARAZZIINDO.COM, SINJAI – Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai atau biasa disebut BPNT dan bantuan Penerima Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial setempat telah bergulir untuk bulan Februari 2021 ini.

Seperti halnya di Dinas Sosial Sinjai, penyaluran BPNT dan PKH di 9 Kecamatan Kabupaten Sinjai sementara ini tengah berjalan.

“Khusus di Kabupaten Sinjai dalam penyaluran tersebut peran tenaga pendamping pada masing-masing Kecamatan yang tersebar di 9 Kecamatan Kabupaten Sinjai, sangat besar,” Ucap Pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Sinjai, A. Idnan,, Rabu (17/2/2021) di ruang kerjanya kepada Paparazziindo.com.

Lanjut disampaikannya,”Jumlah tenaga pendamping untuk Lansia 1 org, Disabilitas 1 orang, tenaga pendamping Penerima Keluarga Harapan (PKH) 43 ORG, tenaga pendamping Kesejahteraan sosial Kecamatan (TKSK) 9 ORG, dan untuk tenaga pendamping BPNT 10 ORG serta tenaga pendamping Tagana sebanyak 30 org.

“Dengan begitu Jumlah keseluruhan tenaga pendamping yang tercatat di Kementerian Sosial sebanyak 85 orang, mereka semua ini terdaftar di Kementerian Sosial sebagai pekerja Sosial,”Ucapnya.

Setiap bulannya mereka diberi tali asih dengan besaran disesuaikan dari kementerian sosial.

“Mereka semua ini bertugas di beberapa Kecamatan Kabupaten Sinjai, untuk menjadi tenaga pendamping masyarakat dalam hal penyaluran BPNT dan PKH termasuk disabilitas penyandang Cacat dan lansia (lanjut usia).

Bahkan mendampingi masyarakat dalam menerima Bantuan Sosial tunai yang disalurkan oleh PT. POS Indonesia pada masing-masing wilayah kecamatan,”Katanya.

Keberadaan tenaga pendamping yang tersebar dibeberapa kecamatan sangat membantu pelaksanaan program pemerintah di bidang Kesejahteraan Sosial.

“Diharapkan tenaga pendamping tersebut dapat bersinergi dengan pemerintah Desa dan Kecamatan dalam rangka menunjang pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Sinjai, sesuai visi – misi Bapak Bupati yang tertuang dalam RPJMD (Rencana pembangunan jangka menengah Daerah),”Harap Idnan didampingi Kepala Bidang Limjamsos (Perlindungan dan Jaminan Sosial), H. Suardi.

“Intuk diketahui, sekarang ini penyaluran BPNT dan PKH sementara berjalan di Semua kecamatan, untuk bulan Februari 2021,”Tuturnya.

Jumlah penerima BPNT pada bulan ini sekitar 18 ribu orang lebih, PKH 10 orang lebih dan BST 5 ribu orang di sembilan kecamatan.

Khusus BST nilai rupiah yang diterima oleh Kelompok Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp. 300.000 Per bulannya
Sedangkan untuk BPNT kelompok penerima manfaat menerima sebesar Rp. 200.000 per bulan.

Sementara kelompok penerima manfaat PKH besaran rupiahnya bervariasi, untuk Lansia 70 tahun menerima Rp. 600.000 per triwulan, anak usia dini 0 s/d 6 Tahun, maksimal dua anak Rp. 750.000 / triwulan.

Sedangkan untuk Anak sekolah SD Rp. 225.000 / triwulan, Anak SMP menerima Rp. 375.000 / triwulan dan Anak Sekolah didik SMA Rp. 500.000 / triwulan.

Sementara untuk ibu hamil menerima bantuan sebesar Rp. 750.000 / triwulan dan Disabilitas berat maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga, penyandang disabilitas fisik dan penyandang disabilitas mental, Rp. 600.000 per triwulannya,” Tutup Idnan yang juga mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai.
(Elang).

Facebook Comments