oleh

Begini Hasil Tes Narkoba Kapolres – Bupati – Dandim Bersama Forkopimda Sinjai

PAPARAZZIINDO.COM. SINJAI – Usai Penyerahan penghargaan lomba Balla Ewako di Mapolres Sinjai, Sulawesi Selatan, Kapolres Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Iwan Irmawan, S.Ik.,M.Si, bersama Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM, Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Ely Asyer Sitompul, Kajari Sinjai, yang diwakili oleh Kasi Pidum, Erfah Basmar bersama Forkopimda Sinjai, menjalani tes narkoba di ruang Loby Parama Polres Sinjai, Rabu (24/2/2021).

(Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan, Jalani Tes Narkoba Rapid Drugwipe)

Pantauan Paparazziindo.com, diketahui, Tes narkoba tersebut dilakukan Polres Sinjai bekerjasama Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sinjai, dengan metode rapid Drugwipe, yakni menggunakan air liur atau air ludah (Saliva).

(Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, Jalani Tes Narkoba Rapid Drugwipe)

Sementara, diruang Aula Parama Satwika Mapolres Sinjai, juga sedang dilaksanakan tes urine kepada seluruh personel Polres Sinjai, dan Polsek jajaran tanpa kecuali.

(Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Ely Asyer Sitompul saat jalani tes Narkoba rapid Drugwipe)

Kapolres Sinjai, Iwan Irmawan mengatakan,”Tes narkoba ini guna memastikan kebersihan petugas yang ada di jajaran Polres Sinjai.

Sekaligus memberi teladan bagi masyarakat dan menjadi komitmen kami untuk sama-sama memberantas narkoba terutama diwilayah Kabupaten Sinjai,”

“Selain itu, tes urine tersebut merupakan atensi Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si dan juga menindak lanjuti TR Kadiv Propam Mabes Polri Nomor : ST/116/I/HUK.7.1./2021 Tertanggal 25 Januari 2021,”Ungkapnya.

(Kasi Pidum Sinjai, Erfah Basmar, Wakili Kajari Sinjai, Tes Narkoba rapid Drugwipe)

“Kegiatan ini adalah bukti keseriusan dalam memberantas barang haram tersebut khususnya dilingkup Polres Sinjai,”Tuturnya.

Pada kegiatan tas Narkoba, Kapolres Sinjai mengajak kepada seluruh warga masyarakat agar bersama-sama memberantas narkoba karena narkoba adalah musuh bersama.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sinjai jangan sekali-kali pakai narkoba. mari hidup sehat tanpa narkoba”, Ajaknya.

Dari hasil tes narkoba dengan metode Drugwipe itu, Kapolres Sinjai bersama para pejabat lainnya dinyatakan bebas atau negatif (-) dari penggunaan barang haram tersebut.

Sementara menurut petugas BNK Sinjai, saat di tanya soal tingkat keakuratan tes Narkoba rapid Drugwipe dengan cara mengetes melalui air liur, menjelaskan,” Tes Narkoba dengan menggunakan alat Drugwipe yang di tes melalui air liur di lidah, tingkat keakuratannya sama dengan Tes Urine,”Jelasnya.

“Namun kelebihan dari metode Drugwipe ini, jika pengguna yang telah memakai narkoba seminggu setelah dia menggunakan barang haram tersebut, itu masih bisa terdeteksi dengan alat Drugwipe ini.

Sedangkan tes urine, bedanya jika pengguna narkoba telah memakai lebih dari tiga hari lantas menjalani tes urine, itu hasilnya tidak dapat terdeteksi kecuali dengan menggunakan tes Drugwipe,”Ungkapnya.

(Elang)

Facebook Comments