oleh

Bawaslu Sinjai Tertibkan APK Diluar Zona

-News, Politik-2.145 views

SINJAI, paparazziindo.com. Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) diturunkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sinjai, Jajaran Kesbangpol dan pengawalan aparat Kepolisian Sinjai, APK para Caleg tersebut terpaksa diturunkan karena dinilai melanggar aturan perundang-undangan.

Persiapan penertiban APK di Kantor Bawaslu Sinjai. (foto : Ashari/paparazzi)

Anggota Bawaslu Sinjai, Saifuddin mengatakan, penertiban APK dilakukan sesuai Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, PKPU dan surat dari Bawaslu RI. Penertiban dilakukan secara serentak di 9 kecamatan.

“APK kita turunkan ini karena dipasang diluar zonasi dan desainnya tidak sesuai yang ditetapkan KPU,” kata Saifuddin dalam arahannya di Kantor Bawaslu jalan Garuda Sinjai, Senin (26/11/18).

Menurut Saifuddin, sebelum dilakukan penertiban APK, telah mengimbau Parpol dan Caleg agar tidak memasangnya ditempat yang dilarang,” jelasnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Sinjai, Andi Jefriyanto Asapa menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan penertiban atau menurunkan APK agar tidak menampakkan sikap arogansi.

“Berharap pihak kepolisian dapat membantu pengawalan pada pembersihan dan bila di lapangan ditemukan hal yang masih diragukan untuk ditertibkan, maka kita akan diskusikan,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan Kabag Ops Polres Sinjai, Kompol H. Syamsu Alam, “laksanakan penertiban dengan santun, aman dan tertib. Tak ada sikap arogansi. Kalau memang di lapangan ada kendala, maka mari komunikasikan terlebih dahulu. Satu suara dan satu langkah. Beri pelayanan kepada masyarakat dengan baik,” tutupnya.

(Ash)

Facebook Comments