oleh

Ada Apa Siswa SMAN 5 Sinjai Berhamburan Keluar dari RKB Saat Belajar, Kasek: Kita Sudah Adakan Rapat Komite

PAPARAZZIINDO.COM – Pasca ditugaskannya kembali Aliyuddin, S.Pd untuk melaksanakan tugas sebagai Kepala UPT SMAN 5 Sinjai, usai berakhirnya tugas Pemetaan Sarana Prasarana Pendidikan pada Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, yang ditugaskan pada 26 Agustus 2022 lalu, berdasarkan surat tugas nomor 800/10377-sekret.2/DISDIK.

Kini Aliyuddin ditugaskan kembali melaksanakan tugas sebagai Kepala UPT SMAN 5 Sinjai, oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev. Plg, dengan surat tugas nomor: 800/12808-Sekret./DISDIK. Tertanggal 21 Oktober 2022.

Dengan begitu apapun alasannya, Aliyuddin Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 5 Sinjai, sebagai bawahan dari Kadisdik Provinsi Sulsel dan berdasarkan surat tugas yang dikeluarkan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel yang dicap dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Dr. Setiawan Aswad tertanggal 21 Oktober 2022. Aliyuddin harus melaksanakan tugasnya sebagai Kasek di SMAN 5 Sinjai.

Kepala UPT SMAN 5 Sinjai, Alytuiddin bersama Wakil Ketua Komite Sekolah, Abdul Haris. (Foto: Pz)

Namun yang patut dipertanyakan dan ditelusuri oleh pihak Dinas Pendididikan Proivinsi Sulsel dalam hal ini Cabang Dinas Pendidikan di Kabupaten, pasca diketahui dikalangan sekolah kalau Aliyuddin akan kembali melaksanakan tugas di SMAN 5 Sinjai sebagai Kepala Sekolah.

Pada hari Senin 24 Oktober 2022, diperoleh informasi Pintu pagar Sekolah SMAN 5 Sinjai digembok dari luar, sehingga proses belajar mengajar tidak berjalan.

Menurut Kasek SMAN 5 Sinjai, Aliyuiddin yang ditemui di SMAN 5 Sinjai, Sabtu (29/10/2022) usai mengikuti rapat Komite bersama orang tua siswa, menyampaikan,”sebagai bawahan yang ditunjuk melaksanakan tugas kembali sebagai Kepala UPT SMAN 5 sinjai, akan menjalankan tugas sesuai surat tugas yang kami terima dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel. Soal adanya kejadian pintu pagar sekolah digembok dari luar pada hari Senin 24 Oktober 2022, itu saya juga tidak tahu ada apa dan mengapa pintu sekolah di gembok pada hari Senin pagi,”ucapnya.

Rapat Komite Sekolah di SMAN 5 Sinjai bersama Orang tua Siswa, Sabtu (29/10/2022). (Foto: Ist)

“Saya tidak tahu kenapa pintu pagar digembok pada hari Senin (24 Oktober 2022) dan kita juga tidak tau siapa pelakunya, sangat disayangkan jika kejadian seperti ini terus berlanjut, padahal siswa-siswi ini kan semestinya mendapatkan haknya untuk belajar dari guru pendidik.

Dan yang sangat disayangkan lagi pada saat proses belajar mengajar di ruang kelas belajar (RKB), pada hari selasa (25/10/2022) dari rekaman CCTV yang ada dikelas XI (Sebelas), terlihat jelas siswa-siswi yang tengah duduk dibangku kelas belajar, tiba-tiba saja berhamburan keluar kelas, yang kebetulan bertepatan saat mobil saya memasuki halaman sekolah, ini ada apa,”ungkapnya.

“Akibat dari adanya gerakan seperti itu, siswa-siswi sampai tidak belajar selama satu minggu. Dengan adanya kejadian tersebut kami bersama pihak Komite sekolah melaksanakan rapat dan mengundang orang tua siswa, untuk duduk bersama dan membicarakan apa sebenarnya yang jadi permasalahan dikalangan sekolah, saya juga membuka diri jika ada kesalahan mari kita bicarakan bersama.

Dengan tujuan agar proses belajar mengajar (PBM) di Sekolah SMAN 5 Sinjai kembali berjalan normal dan efektif seperti semula.

Karena kita sebagai pendidik di Sekolah yang ditugaskan sangat bertanggung jawab dengan masa depan anak-anak kita di Sekolah,  mereka ini adalah anak penerus generasi bangsa indonesia yang berhak mendapatkan pendidikan di Sekolah, sesuai amanat Undang-undang. Kasihan mereka kalau keadaan di Sekolah tidak kondusif, untuk itulah tujuannya sehingga kita adakan rapat komite,”tandasnya.

Adapun hasil kesepakatan rapat Komite bersama orang tua siswa, telah disepakati pada hari Senin besok proses belajar mengajar harus berjalan normal seperti semula, dan saya selaku Kepala Sekolah SMAN 5 Sinjai akan menunjuk sementara Pelaksana Harian untuk melaksanakan tugas, agar proses belajar mengajar berjalan efektif, kita tidak ingin proses belajar mengajar terhambat,”ujarnya.

Hasil keputusan rapat komite ini akan kita sampaikan dan tembuskan ke Kepala Dinas Pendidikan dan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel. Kita berharap semoga nantinya ada kebijakan yang diambil oleh pihak Dinas Provinsi sulsel, agar permasalahan tidak berkepanjangan dan tidak lagi menyisakan masalah dilingkup SMAN 5 Sinjai ini.

Sementara itu Wakil Ketua Komite Sekolah SMAN 5 Sinjai, Abdul Haris, manyampaikan,” Insyaallah pada hari senin mendatang, kita akan datang di Sekolah ini untuk memantau proses belajar mengajar, kita sangat berharap agar permasalahan di Sekolah ini bisa diselesaikan secara interen.

Sehingga tidak ada lagi gejolak, ini semua demi masa depan anak-anak kita yang sekolah di SMAN 5 Sinjai ini, apalagi bapak Kepala Sekolah, Alyuddin dengan besar hati dan menyepakati dalam rapat komite akan menunjuk sementara pelaksana harian untuk melaksanakan tugas,”tandasnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan saat rapat komite pada Sabtu 29 Oktober 2022 pagi, dipantau oleh pihak petugas dari Satuan Intelkam Polres Sinjai, hal tersebut untuk memastikan rapat komite dengan orang tua tersebut berjalan aman dan kondusif.

Selain itu diketahui pula rekaman Video yang beredar dari CCTV sekolah SMAN 5 Sinjai, di dalam ruang kelas belajar (RKB) saat siswa-siswi belajar dan berhamburan keluar kelas telah dikantongi oleh pihak petugas. (Pz)

Facebook Comments