oleh

Raker Bersama Kementerian ATR BPN, A. Mariattang Desak Kasus Lonsum Dituntaskan

-Nasional, News-1.906 views

JAKARTA, paparazziindo.com. Komisi II DPR RI menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Kementerian ATR BPN dengan agenda penyelesaian kasus-kasus pertanahan yang hingga kini masih menjadi masalah utama karena sering terjadi konflik.

Komisi II DPR RI saat menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Kementerian ATR BPN. (foto : Staf Khusus AM)

Salah satu kasus pertanahan yang menjadi pembahasan dalam rapat adalah kasus sengketa tanah di Bulukumba, yakni antara PT. Lonsum dan Masyarakat Adat Kajang.

Anggota Komisi II DPR RI, Andi Mariattang yang juga memiliki keluarga besar di Kajang Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan saat Raker memaparkan bahwa kasus Lonsum di Bulukumba sangat mendesak untuk diselesaikan.

“Permasalahan Lonsum harus segera ditindaklnjuti. Saya mendapat info, sebelumnya sudah ada pertemuan membahas aspirasi masyarakat untuk pengukuran ulang lahan HGU. Mohon bagaimana perkembangan dari tim bersama yang sudah dibentuk dengan Kemendagri ?,” desak Andi Mariattang, senin (1/10/18).

Menurutnya, pihaknya juga secara tegas menyebut bahwa kasus ini sudah berlangsung lama, namun tak kunjung ada penyelesaian. Kasusnya sering mengendap dan muncul lagi.

“Masyarakat adat Kajang tipikalnya sabar. Selama bertahun-tahun mereka menderita, namun mungkin suara mereka tidak didengar. Nah sekarang sudah ada Wakil masyarakat Kajang Bulukumba di Komisi II, pasti saya akan “mengejar terus” minta dituntaskan,” pungkasnya. (*Ash)

Facebook Comments