oleh

3 Elemen Di Sinjai Harus Komitmen Atasi Sampah

-News, Pemerintahan-2.252 views

SINJAI, paparazziindo.com. Salah satu dinas yang paling banyak mendapat sorotan belakangan ini adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai. Mulai masyarakat umum hingga Wakil Bupati angkat suara. Menyoroti kebersihan Kabupaten Sinjai, khususnya di wilayah Kota Sinjai.

Berdasarkan data di DLHK Sinjai, tercatat jumlah tenaga kebersihannya sebanyak 200 orang yang terdiri dari tenaga sopir dan pendamping sopir truk sampah, pengangkut sampah bermotor dan tukang sapu. Sementara jumlah armada truk pengangkut sampah, hanya mencukupi untuk melayani wilayah Kota Sinjai.

Dari segi regulasi, Pemerintah Kabupaten Sinjai memiliki Perda Persampahan Nomor 10 Tahun 2017 dan PP Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah.

Dalam perbincangan dengan Kepala DLHK Sinjai, Arifuddin di Kantornya, Sabtu (27/10/18) terungkap bahwa letak permasalahan sampah hingga saat ini belum tertangani dengan baik, dikarenakan beberapa hal yang tidak berjalan sesuai implementasi dari Perda dan PP. Dilain sisi, tenaga kebersihan yang tidak menjalankan tugas sesuai dengan perjanjian kerja.

“Ada 3 elemen yang seharusnya berkomitmen bersama mengenai masalah sampah. Masyarakat, Dunia Usaha dan Pemerintah. Harus ada sinergitas masyarakat turut menjaga kebersihan, setidaknya menjaga lingkungan rumahnya masing masing. Pihak dunia usaha mendukung program kebersihan dengan bertanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan usahanya dan berkontribusi dalam kebersihan. Pemerintah dalam mensinergikan dan menyiapkan sarana angkut sampah serta pengelolaan sampah terpadu. Sementara pihak perumahan juga belum menjalankan kewajibannya untuk menyiapkan pengelolaan sampah. Inilah yang menjadi masalah juga,” ungkap Arifuddin.

Selain itu, lanjutnya. UPTD Pasar juga memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan Pasar, sebab wilayah Pasar masuk wewenangnya. Jika ketiganya bersinergi, saya yakin dan optimis kita bisa menangani masalah persampahan di Kabupaten Sinjai

“Kami di DLHK menangani sampah seluruh kawasan Kabupaten Sinjai, bukan hanya di wilayah Kota saja. Saya ingin menggugah hati masyarakat agar mengerti akan pentingnya menjaga kebersihan,” jelas Arifuddin.

“Jika Penegakan Perda tegas dilakukan Pol PP, penanganan sampah terpadu dan komitmen dari berbagai komponen termasuk peranan seluruh komponen masyarakat, maka Sinjai akan meraih Adipura,” pungkasnya.

Sementara Ramlah, Siswi SMAN di Sinjai mengungkapkan kekesalannya kepada Media ini di Pasar Sentral Sinjai, saat melihat seorang pewarung yang seenaknya saja membuang sampahnya di jalan.

“Astaga kok orang itu tidak tau menjaga kebersihan, seenaknya saja buang botol aquanya di jalan. Apa orang tadi seperti itu juga ya kalau di rumahnya, main buang saja sampah disembarang tempat. Bagaimana Sinjai mau bebas sampah kalau seperti ini, orang seenaknya saja buang sampah,” kesalnya.

(AP/Ash)

Facebook Comments