Warga Turungan Baji Boikot Alat Berat Yang Dinilai Merampas Lahan

oleh -556 views

Sinjai, paparazziindo.com. Warga Turungan Baji Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai kembali melakukan aksi pemagaran jalan dan pemasangan spanduk. Selasa, (5/6/18).

Sejumlah Mahasiswa dari Kabupaten Sinjai dan Bone yang tergabung dalam Front Solidaritas Mahasiswa Sinjai (SOMASI) bersama warga setempat melakukan blokade jalanan di Balabbara Desa Turungan Baji.Bukan hanya itu, mereka juga memboikot alat berat yang sementara beraktivitas yang melakukan pekerjaan jalan.

Hal itu dilakukannya akibat penolakan atas pengerjaan jalan Balabbara yang dinilai ilegal karena merampas lahan warga.

“Kami tidak akan membiarkan jalanan ini dikerja karena ini merupakan perampasan lahan dan juga merusak lingkungan kami, lagi pula ada jalan semula, yakni Sappiareng” geram Nuralamsyah warga Turungan Baji.

Polemik tersebut juga menuai perhatian dari berbagai kalangan, salah satunya dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, yang juga terlibat andil mendampingi warga.Pengacara LBH Makassar Herul Karim mengatakan bahwa kasus seperti ini hampir terjadi diseluruh Indonesia, yakni perampasan lahan atas nama pembangunan.

“Kami menolak pembangunan jalan tersebut karena merampas lahan warga dan belum ada pembebasan lahan, jadi kami nilai pembangunan tersebut melanggar” tegas Herul.

Sampai berita ini dimuat, pihak Pemerintah Kabupaten yang ingin dimintai keterangan terkait hal tersebut sedang tidak berada ditempat. (*)

Editor : Ashari

Facebook Comments