Kasat Lantas Polres Sinjai Akan Tindak Tegas Pemakai Knalpot Racing Di Jalan Raya

oleh -788 views

PAPARAZZI — Pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sinjai akan menindak tegas pengendara di jalan raya yang memakai knalpot racing diatas ambang batas dan tidak sesuai peruntukannya.

Bisingnya suara knalpot racing dari kendaraan bermotor roda dua akhir-akhir ini yang dipakai sejumlah pemuda dan remaja di Sinjai, jelas telah melanggar Pasal 285 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tak cuma itu, penggunaan knalpot racing pada sepeda motor, juga telah diatur lewat Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 tahun 2009.

Kasat Lantas Polres Sinjai, Yus Ade bersama Danunit Intel Kodim 1424 Sinjai, Letda H. Sahabuddin

Hal ini diutarakan Kasat Lantas Polres Sinjai, AKP Yus Ade saat bincang-bincang dengan Paparazzi di sela acara Open House Idul Fitri yang digelar Ketua DPRD Sinjai di Rujabnya, Senin (10/6/2019).

“Sejauh ini, untuk masalah knalpot racing, anggota Kepolisian masih sering memberikan teguran kepada pengendara motor yang memakai knalpot racing, tapi tidak jarang juga anggota menindaknya dengan melakukan tilang jika dianggap kebisingannya sudah benar-benar mengganggu konsenterasi pengendara lain,” ungkap Yus Ade.

Polisi lulusan Akpol dan mantan Kasat Lantas Barru ini menambahkan bahwa terkait persoalan ini sangat diperlukan kerjasama semua pihak, termasuk kesadaran masyarakat agar tidak menggunakan knalpot racing, sehingga kita bisa saling menghargai dengan pengendara lainnya.

“Namun kalau hal itu tidak diindahkan, kami akan menindak tegas pengendara motor yang kami dapati di jalan, karena dengan sengaja memakai knalpot racing diatas ambang batas sesuai aturan UU lalu Lintas jalan,” kuncinya.

Elang/Ash

Facebook Comments