Jaga Kelestarian Laut, Kapolsek Pulau IX Sinjai Gotong Royong Bersihkan Sampah

oleh -296 views

Paparazziindo.com — Kapolsek Pulau Sembilan, Polres Sinjai, Ipda Sasmito bersama warga Desa Pulau Harapan bergotong royong membersihkan berbagai jenis sampah yang mengotori laut.

Kondisi bibir laut yang dipenuhi sampah yang tepat berada disamping Kantor Kecamatan. (Ashari/Paparazziindo.com).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan akan ekosistem laut Sinjai. Dengan menggunakan alat seadanya, pembersihan sampah dilakukan dari depan Kantor Polsek hingga ke area Kantor Kecamatan.

“Demi menjaga kelestarian laut, warga menyelami sampah rumah tangga yang sudah lama karam didasar laut,” ungkap Sasmito, Senin (16/9/2019).

Sampah dari dasar laut, kata Sasmito, kemudian diangkut ke dermaga dengan menggunakan rakit yang terbuat dari gabus. Setelah itu dimasukkan dalam karung beras.

“Saya belum bisa pastikan, berapa karung sampah yang kami pungut dari dasar laut, ini saja kami kekurangan karung,” ujarnya.

Sementara Ahmad, salah satu warga yang turut serta dalam pembersihan mengaku baru kali ini sampah didasar laut dibersihkan.

“Kegiatan bersih-bersih dilakukan sekitar pukul 09.00 Wita dan kami sangat mengapresiasi inisiasi Bapak Kapolsek. Pasalnya, sampahlah yang membuat ikan-ikan di pesisir laut semakin susah didapat. Semoga kedepan ada tempat pembuangan sampah di desa kami, agar warga tidak lagi membuang sampah di laut,” harapnya.

Diketahui, sampah yang mencemari laut tersebut sebagian besar adalah sampah rumah tangga penduduk Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan. Selain tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA), juga minimnya edukasi lingkungan terkait pengelolaan sampah, padahal jumlah sampah dibibir laut ditaksir ratusan ton. (*)

Editor/Ashari

Facebook Comments