Disnak Sinjai Gencar Lakukan Vaksinasi Anti Rabies, Ini Tujuannya

oleh -266 views

Paparazziindo.com — Cegah penyakit rabies yang bisa menular ke manusia (Zonoosis) dari hewan peliharaan seperti anjing, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskeswan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai, gencar melakukan Vaksinasi Anti Rabies.

Ditemui di lokasi vaksinasi di Desa Kampala, Syamsul Bahri selaku PPK Sinjai Timur menuturkan, sebelum menyuntikkan vaksin kepada anjing peliharaan, pihaknya aktif melakukan sosialisasi dengan harapan penularan penyakit rabies di Kabupaten Sinjai dapat terantisipasi.

“Alhamdulillah, hari ini sebanyak 205 ekor anjing sukses kita vaksin. Insya Allah, kegiatan vaksinasi anti rabies akan rutin kita laksanakan, termasuk setiap ada kegiatan Marrenggeng Bahi (Memburu Babi),” ujarnya, Minggu (6/10/2019).

Selain di Kecamatan Sinjai Timur, lanjut Syamsul, vaksinasi anti rabies terhadap anjing baru-baru ini, juga telah dilaksanakan dibeberapa kecamatan.

“Lokasi yang sudah dilaksanakan, yakni di Desa Sukamaju Kecamatan Tellulimpoe sebanyak 60 ekor, di Desa Duampanuae dan Tompobulu Kecamatan Bulupoddo 50 ekor, di Desa Matturung Tellue dan Saotengah Kecamatan Sinjai Tengah 56 ekor dan di Kelurahan Tassililu Kecamatan Sinjai Barat 40 ekor,” kata Syamsul.

Diketahui, penyakit rabies (Anjing Gila) merupakan virus yang dapat memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang. Manusia bisa terjangkit rabies dari gigitan hewan yang terinfeksi virus rabies seperti anjing. Meskipun penyakit ini bisa dicegah, tetapi anjing rabies dan penularan virusnya tetap saja menimbulkan ketakutan dan kecemasan kalangan masyarakat.

(Ashari)

Facebook Comments