53.521 Jumlah Pelanggan PLN Di Sinjai, 6.000 Penunggak Setiap Bulan

oleh -818 views

SINJAI, paparazziindo.com. Jumlah Pelanggan PT. (Persero) PLN Rayon Sinjai Area Bulukumba sebanyak 53.521 pelanggan, dari jumlah tersebut ada sekitar 6.000 pelanggan yang menunggak setiap bulannya.

Kondisi inilah sehingga kami terus lakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tepat waktu membayar tagihan listrik setiap bulannya sebelum tanggal 21 karena batas tagihan pembayaran listrik mulai dari tanggal 1 sampai 20, lewat dari batas itu pihak PLN akan melakukan pemutusan sambungan listrik sementara sesuai Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang disetujui dan ditanda tangani pelanggan saat mengajukan permohonan dan pemasangan Kilometer listrik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Supervisior PLN Sinjai, Ridho saat ditemui Paparazzi di Kantor PLN, Jalan Anggrek Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (14/02/2019).

“Sejak saya ditugaskan di PLN Sinjai 4 bulan lalu, tercatat ada 53.521 Pelanggan PLN di Sinjai. Dari data itu sekitar 6.000 pelanggan yang menunggak setiap bulannya. Untuk itu kami imbau kepada masyarakat Sinjai agar tepat waktu membayar tagihan listrik, sehingga terhindar dari pemutusan sambungan listrik sementara oleh pihak PLN,” ucapnya.

Ketika ditanya dari data Pelanggan PLN di Sinjai yang paling besar tagihan pembayaran Listriknya setiap bulan, dari pelaku dunia usaha Industri ?.

“Kalau sesuai data kami, untuk pelanggan industri yang paling besar tagihannya, yakni Pabrik Es di Larea-Rea dengan daya KVA Kilo Volt Ampere 555. Itu setiap bulannya membayar tagihan listrik 80 juta, sementara kalau untuk tagihan listrik di Instansi Pemerintahan, Kantor Bupati di Tanassang setiap bulannya itu membayar 20 juta. Begitu juga PDAM, tagihan listriknya setiap bulan 20 jutaan dan itu bisa saja lebih, tergantung pemakaiannya,” jelasnya.

Saat ditanya berapa yang disetor ke Pemerintah Kabupaten dari hasil Pajak Penerangan Jalan (PPJ) setiap bulannya ?.

“Wah pertanyaan bapak ini sangat bagus. Hal ini pula yang kadang masyarakat tidak menyadari kalau dari pembayaran listrik setiap bulannya itu akan kembali kepada pembangunan daerahnya sendiri, sebesar 10 persen. Itu kami setor ke Pemda berkisar 500 juta setiap bulannya pak, jadi semakin cepat masyarakat membayar listriknya, maka pembangunan di daerah juga akan semakin meningkat,” bebernya.

“Kalau jumlah pelanggan pasca bayar yang masih memakai Kilometer Analog di Sinjai 28.645, sedangkan yang memakai Voucher sebanyak 24.246. Jadi total keseluruhan jumlah pelanggan PLN di Sinjai 53.521,” tutupnya.

(Elang Suganda)

Facebook Comments